Bagaimana persiapanmu untuk menjadi the next Youth of Tomorrow? Kini saat nya kamu buktikan persiapan itu dengan mengikuti Seleksi PPAN Provinsi Jambi

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) PPAN merupakan program yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan berbagai negara di dunia. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, melalui Dinas Pemuda Olahraga di tiap provinsi dan organisasi alumni peserta yaitu  Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) masing-masing yang bertindak sebagai panitia pelaksanaan program ini. Proses seleksi dimulai dari seleksi berkas (administrasi), seleksi tulis, seleksi wawancara hingga proses karantina.

Tujuan dari kegiatan PPAN ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda di Indonesia berinteraksi dengan generasi muda dari negara lain serta mengunjungi negara-negara tersebut untuk melihat perkembangan dari negara lain  serta menjalin hubungan yang baik di antara mereka. Peserta yang terpilih mendapat tugas dan tanggung jawab yang cukup besar karena akan mewakili provinsi masing-masing daerah menjadi duta negara di luar negeri oleh karena itu penyeleksian PPAN harus dilaksanakan secara baik dan profesional hingga mampu memilih generasi terbaik dari tiap provinsi. Hal penting lain dari kegiatan ini adalah setelah selesai mengikuti program, para peserta harus mampu memberikan sumbangan kegiatan atau pemikiran untuk kemajuan daerah masing-masing sesuai dengan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh saat mengikuti program.

penyeleksian PPAN ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu:

  1. Tahap pertama (pemeriksaan kelengkapan administrasi)Di tahap ini, seluruh peserta yang mendaftar akan mengikuti seleksi administrasi. Setelah semua dokumen dinyatakan valid dan lengkap, panitia akan mengumumkan peserta mana saja yang berhak untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya.
  2. Tahap kedua (tes tertulis)Peserta akan mengikuti tes tertulis di berbagai bidang seperti bahasa Inggris, komunikasi, agama, pengetahuan umum (daerah, nasional, dan internasional), psikologi, dan seni budaya.
  3. Tahap ketiga (wawancara)Dari seluruh peserta yang mengikuti tes tahap kedua, akan dijaring 40 peserta yang akan mengikuti tes wawancara ini. Di tes wawancara ini peserta kembali akan diuji secara lisan dan lebih mendalam di bidang bahasa Inggris, komunikasi, agama, pengetahuan umum (daerah, nasional, dan internasional), psikologi, dan seni budaya.
  4. Tahap keempat (final dan pendalaman) Dari 40 peserta, 15 besar akan dipilih untuk mengikuti seleksi tahap akhir. Di tahap ini, seluruh peserta akan mendapatkan pembekalan materi dari nara sumber berbagai bidang seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, PCMI, Dinas Pemuda dan Olahraga, Departemen Agam dan lain-lain. Peserta juga akan mengikuti tes pendalaman diskusi dan seni budaya. Di malam final yang akan di adakan tanggal 16 April di Mall WTC Batanghari, seluruh peserta akan mengikuti tes akhir yaitu tes unjuk bakat dan menjawab pertanyaan langsung dari juri-juri kompeten seperti Gubernur Provinsi Jambi, perwakilan Kemenpora Republik Indonesia, Dispora Provinsi Jambi, PCMI, dan tokoh masyarakat Jambi. Ketiga peserta yang terpilih akan langsung diumumkan saat itu.

 persyaratan sebagai berikut:

- Fotokopi ijazah SMA/S1 
- Surat keterangan aktif kuliah bagi mahasiswa atau surat keterangan bekerja bagi yang sudah bekerja 
- Fotokopi akte kelahiran (1 lbr) 
- Fotokopi KTP (1 lbr) 
- Fotokopi passport (disertakan jika ada) 
- Fotokopi SKCK terbaru 
- Fotokopi sertifikat uji kompetensi bahasa Inggris, bisa salah satu dari: TOEFL PBT (Skor Min. 450), CBT (Skor Min. 133), IBT (Skor Min. 45), IELTS (Skor Min. 4,0)
- Pas foto warna 3x4 (3 lbr) 
- Surat keterangan kesehatan

Masukkan kedalam MAP BIRU (untuk peserta perempuan) dan MAP MERAH (untuk peserta laki-laki).

*Note 
- Kisaran umur peserta adalah 20 - 30 Tahun 
- Belum pernah menikah 
- Berkas dikirimkan ke kantor DISPORA pada jam kerja. Alamat: Jln. Letkol Slamet Riyadi, No. 54, Broni, Jambi 36124

Pendaftaran di buka 20 Maret s/d 13 April 2017

PESERTA TERBATAS HANYA 80 orang!!!!

Ayo mendaftar dan jadilah duta bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional!

Sejarah menunjukan bahwa pemuda memainkan peranan penting dalam puncak sejarah bangsa, mulai dari terciptanya “Maha Karya” Sumpah Pemuda, teks kemerdekaan proklamasi sampai dengan reformasi yang memperbaiki tatanan demokrasi.

Pemuda sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan dan penggerak pembangunan bangsa, saat ini telah dan akan selalu mengawal pembangunan yang dibarengi dengan kesadaran dalam bertindak dalam mengisi makna kemerdekaan sesuai dengan cita-cita luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) atau pun bentuk organisasi yang mencerminkan nama serupa seperti Ikatan Alumni Kapal Pemuda Nusantara dari angkatan 2003 s.d 2017 yang berada seantero nusantara ini adalah sumber potensi besar yang mampu mengerakkan jiwa-jiwa nasionalisme pemuda dalam membangun potensi daerah, baik laut, daratan maupun pesisirnya.

Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) merupakan sebuah wadah bagi para alumni atau purna program Kapal Pemuda Nusantara. Lembaga yang telah di sahkan pada Tahun 2010 ini, dengan nomor akta notaris tersebut, bertujuan untuk menyatukan, menyalurkan, dan mengembangkan potensi-potensi para alumni yang dapat memajukan berbagai sektor kemaritiman serta pengembangan karakter bangsa melalui pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan kebaharian.

Melihat realitas pembangunan bangsa yang belum tergarap dan berdaya saing tinggi saat ini, menuntut peran serta stakeholder pemuda untuk memajukan serta membuka peluang baru dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta membantu pembangunan bangsa secara umum yang akan dilakukan dalam hal membentuk kelembagaan, menguatkan jejaring organisasi dan merintis serta melanjutkan program demi kepentingan nasional secara keseluruhan.

Kapal Pemuda Nusantara adalah salah satu program rutin tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk mengikursertakan para pemuda berlayar ke beberapa pulau di Indonesia.

Pada tahun 2017 ini, jalur pelayarannya adalah sekitar Pulau Sabang dengan tema “Sail Sabang 2017”. Adapun pemuda yang berhak mengikuti program ini adalah perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi bersama Dewan Pengurus Daerah Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (DPD KAKPN JAMBI) menyelenggarakan Seleksi Kapal Pemuda Nusantara 2017 untuk memilih wakil pemuda Provinsi Jambi yang akan diikutsertakan dalam Sail Sabang 2017.

dan pada tanggal 22-23 Mei kemaren telah melaksanakan Seleksi Calon Peserta kapal Pemuda Nusantara Sail Sabang 2017 bertempat di Hotel Mega Indah Telanaipura, dan dengan Jumlah Peserta sebayak 26 Orang, 11 Cowok dan 15 Cewek dan tes yang di laksanakan adalah tes Pengetahuan, Kesenian dan Kepemimpinan ditambah tes fisik berenang dan mengapung.

peserta yang akan dikirim ke Ke Sail Sabang 2017 ada 3 (tiga) Orang dua orang Putra dan Satu Putri, Mereka nantinya akan di latih untuk menguasai seni budaya Provinsi Jambi untuk membawa nama Provinsi Jambi di kanca Nasional.

diacara puncak Sail Sabang 2017 akan dihadiri oleh Presiden RI dan Undangan dari seluruh Kab/Kota yang ada di Indonesia, Gubernur seluruh Provinsi yang ada di Indonesia dan Undangan dari Negara lain. Untuk Pengumuman Hasil Seleksi Sail Sabang akan diumumkan Ahir Mei 2017 diwebsite Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi serta di Media Sosial KAKPN Provinsi Jambi.

Tegaknya Negara Republik Indonesia yang di Proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, adalah berkat Perjuangan Para Pahlawan Kusuma Bangsa yang pada waktu itu masih tergolong usia muda yang berani berjuang menentang dan mengusir kaum penjajah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Mereka rela berkorban dan berjuang tanpa pamrih, dengan  bermodalkan semangat, persatuan dan kesatuan  serta dengan menggunakan peralatan yang amat sederhana untuk berjuang dan mencapai cita-cita Indonesia merdeka.

 

Sekarang kita sebagai generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa wajib meneruskan cita-cita perjuangan mereka dengan mempertahankan dan mengisi pembangunan di segala bidang dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Banyak cara yang dapat kita lakukan terutama oleh generasi muda dalam rangka menghargai dan melanjutkan cita-cita luhur perjuangan  para pahlawan antara lain dengan mengingat dan menelusuri kembali kisah/sejarah perjuangan  mereka dengan melaksanakan route Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2017 di Kabupaten Batanghari

 

Adapun yang melatar belakangi diadakannya kegiatan  ini adalah :

  1. Menurunnya semangat Nasionalisme dan jiwa kepahlawanan di kalangan Generasi Muda.
  2. Rendahnya motivasi dan etos kerja di kalangan Generasi Muda.
  3. Perlunya pelestarian nilai-nilai  45 dan semangat kepahlawanan kepada seluruh komponen dan lapisan masyarakat.

 

2.            Dasar Penyelenggaraan

  1. Undang – Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan
  2. DPA SKPD Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Nomor 1.18.01.16.11.5.2 tanggal 20 Januari 2017.

 

 

3.            Maksud dan Tujuan

Tujuan yang di harapkan dari Pelaksanaan Napak Tilas Jejak Pahlawan  Provinsi Jambi Tahun 2017 antara lain :

  1. Meningkatkan semangat Nasionalisme dan Jiwa Kejuangan Generasi Muda untuk berpartisipasi dalam pembangunan.
  2. Menanamkan Nilai-nilai Kepahlawanan di kalangan Generasi Muda sebagai upaya meningkatkan  motivasi dan etos kerja.
  3. Mengenal lebih dekat akan perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan  Kemerdekaan Republik Indonesia khususnya di Provinsi Jambi.

4.            Sasaran

Kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi akan di ikuti oleh Generasi Muda yang tergabung dalam OKP/Ormas/Menwa/ Mapala/Karang  Taruna dan Pramuka dengan jumlah peserta sebanyak 110 (seratus sepuluh) orang, setiap Kota/Kabupaten mengirimkan 1 (satu) regu 10 (sepuluh) orang.

 

Adapun syarat Peserta :

  1. Pria/Wanita usia 16 – 30 Tahun.
  2. Belum pernah mengikuti kegiatan Napak Tilas sebelumnya
  3. Sehat Jasmani dan Rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter.
  4. Sanggup melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2016.
  5. Membawa perlengkapan sehari-hari seperti pakaian harian, Training, perlengkapan sholat dan sebagainya.
  6. Utusan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), Ormas, Mapala, Menwa, Karang Taruna, Pramuka, OSIS.
  7. Transportasi peserta dari Ibukota Kabupaten masing masing ke Kota Bangko Kabupaten Merangin ditanggung oleh panitia.

 

5.            Route Napak Tilas

Route Napak Tilas jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2017 di Kabupaten Batanghari

 

1.            Waktu dan Tempat Pelaksanaan

a.   Waktu

Kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Bagi Generasi Muda Tingkat Provinsi Jambi akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari  dalam satu upacara pelepasan peserta oleh Bapak Gubernur Jambi.

 

b.  Tempat

Peserta diterima pada Tanggal 01 Mei 2016 di Lapangan Kantor Bupati Merangin Jam 08.00 – 14.00 WIB selanjutnya peserta akan dibawa ke Basecamp Pertama di Desa Muaro Madras

 

2.            Penilaian

Selama pelaksanaan kegiatan napak tilas jejak pahlawan bagi generasi muda tingkat Provinsi Jambi akan dinilai Dewan Juri yang terdiri dari TNI dan DISPORA dengan Kriteria Penilaian antara lain :

-              Keutuhan Regu

-              Keserasian

-              Kreatifitas

-              Semangat

 

Pemenang akan diumumkan pada penutupan kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Bagi Generasi Muda Tingkat Provinsi Jambi dan akan diberikan hadiah :

 

Juara I                   : Piala dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.250.000,-

Juara II                  : Piala dan Uang Pembinaan sebesar  Rp. 1.000.000,-

Juara III                : Piala dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 750.000,-

Harapan I             : Piala dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 750.000,-

 

Ket                         : Setiap hadiah akan dipotong pajak  Sebesar 5%

 

3.            Peraturan dan Tata Tertib

  1. Peraturan :

-          Setiap peserta harus melewati rute yang telah ditentukan panitia dari start sampai finish

-          Sepanjang rute napak tilas, peserta diperkenankan melakukan gerak, bernyanyi dsb, dengan prinsip tidak mengganggu peserta lain dan tidak mengandung unsur SARA.

-          Penilaian dilaksanakan oleh Dewan Juri di sepanjang rute dari start sampai finish

-          Penentuan    Pemenang   /   Juara     berdasarkan komulatif nilai seluruh Dewan Juri menurut nilai      tertinggi

-          Keputusan Dewan Juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

-          Hal-hal yang belum diatur akan diatur kemudian oleh Panitia

 

b. Tata Tertib :

-          Peserta dilarang membawa benda-benda yang membahayakan diri sendiri/orang lain.

-          Peserta dilarang membuat keributan dan atau melakukan tindakan provokasi

-          Peserta yang dengan sengaja membuat keributan/provokasi akan dikenakan diskualifikasi

 

4.            Program Kegiatan

 

Selama pelaksanaan Napak Tilas berlangsung terutama di tempat Base Camp bersama masyarakat terdapat berbagai kegiatan antara lain :

-              Ceramah / Diskusi / Dialog

-              Bakti Masyarakat (Gotomg Royong)

-              Hiburan

-              Olahraga

-              Dan lain-lain yang dianggap penting.

 

5.            Perlengkapan Peserta

Untuk menunjang terlaksananya pelaksanaan Napak Tilas Jejak Pahlawan kepada seluruh peserta akan diberikan perlengkapan berupa :

a. Ransel                           : 1 Buah

b. Tas Pinggang                 : 1 Buah

c. Baju Kaos                      : 2 Lembar

d. Tanda Pengenal            : 1 Buah

e. Piagam Penghargaan     : 1 Lembar.

f. Training Spark                : 1  Stel.

g. Handuk Kecil                 : 1  Lembar

h. Topi Rimba                   : 1  Buah

i,  Blok Note                     : 1  Buah

j.  Pulpen                         : 1  Buah

 

6.            Pembiayaan

Seluruh biaya pelaksanaan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2016 di Kabupaten Merangin di bebankan pada Anggaran Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi.


Ayo Olahraga – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jambi Wahyudin, menemui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta di Kemenpora, Senin (10/4/2017). Pertemuan keduanya membicarakan perhelatan Ayo Olahraga untuk Provinsi Jambi.
“Iya betul, kami datang terkait program Ayo Olahraga tersebut. Selain itu, intinya juga kami bersama Bapak Deputi membicarakan soal mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” tutur Wahyudin.


Menurutnya, perihal memasyarakatkan olahraga, erat kaitannya dengan dengan panji olahraga yang harus dihidupkan lagi. Di mana, mendorong masyarakat untuk gemar berolahraga yang kemudian masyarakat itu memahami pentingnya berolahraga.
Kemudian, kata dia, terkait perhelatan Ayo Olahraga seperti Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa yang dibicarakan itu, pihaknya masih belum bisa berbicara soal rencana dan teknisnya. “Kami akan melakukan koordinasi lebih dahulu dengan pihak terkait kabupaten/kota, apa yang potensial diusung,” ujarnya.


Namun Wahyudin menilai, perhelatan Gowes Pesona Nusantara tidak hanya menggerakan masyarakat untuk berolahraga. Istimewa lebih dari itu adalah momentum untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah seperti wisata, seni, dan budaya.
“Kemudian untuk Gala Desa, mengajak masyarakat-masyarakat desa untuk berolahraga, itu yang perlu,” ucapnya.


Lebih lanjut, dia mengatakan potensi wisata yang bisa dilewati untuk Gowes Pesona Nusantara di Provinsi Jambi sebetulnya banyak, seperti Kercini dan Candi Muara Jambi. Sayangnya, hal itu belum tentu dilewati.


“Karena masih perlu koordinasi saat rapat koordinasi. Minggu depan kami lakukan rakornya. Tetapi kalau dari Batang Hari, kita bisa lewati Muara Jambi, bisa melewati Candi,” kata Wahyudin.
Wahyudin juga menegaskan, pihaknya akan memfokuskan kedua perhelatan nasional dalam payung Ayo Olahraga yaitu Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa untuk Provinsi Jambi. Bahkan, kata Wahyudin, pihaknya akan mengusahakan Jambi lebih meriah dari provinsi atau kabupaten/kota lain di Indonesia.


“Kita akan usahakan lebih meriah dari provinsi atau kabupaten/kota lain. Karena kalau boleh jujur gubernur kita kalau bicara olahraga, siap untuk itu,” ucapnya semangat.
Ayo Olahraga!

Pembangunan bidang kepemudaan dan keolahragaan adalah bagian integral dari pembangunan nasional, oleh karena itu tujuan pembangunan bidang kepemudaan dan keolahragaan juga merupakan bagian dari tujuan pembangunan nasional yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Melalui bidang kepemudaan agar pemuda kelak dapat menjadi warga Negara yang baik dan di landasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga Negara maupun sebagai makhluk Tuhan yang selalu menjunjung tinggi supremasi hukum dalam menegakkan demokrasi, dengan demikian akan terwujudlah suatu kondisi masyarakat Indonesia yang rukum, aman dan damai yang saling harga menghargai sesama anak bangsa, inilah tujuan yang hakiki dari pembangunan bidang Kepemudaan.

Melalui bidang Keolahragaan agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kondisi kesehatan masyarakat yang prima akan dapat menumbuhkan motivasi kerja dan produktivitas kerja yang tinggi yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Bapak – bapak dan saudara – saudara yang saya hormati

Disamping tujuan pembangunan bidang kepemudaan dan keolahragaan yang telah saya sampaikan, bahwa peran kepemudaan dan keolahragaan mempunyai fungsi dan peran dalam pembangunan, dilihat dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia baik pada masa penjajahan maupun pada sesudah penjajahan, pemuda selalu berada di barisan paling depan sebagai ujung tombak perjuangan, seperti Budi Utomo, Sumpah pemuda pada masa penjajahan kolonial, kemudian pada alam kemerdekaan seperti menumbangkan rezim orde lama (PKI 1965) dan menumbangkan Orde Baru pemuda selalu di barisan depan sebagai ujung tombak perjuangan karena mereka lah pewaris perjuangan yang melanjutkan tongkat estafet pembangunan bangsa, diatas pundak merekalah masa depan bangsa.

Demikian pula fungsi dan peranan olahraga dalam pembangunan antara lain :

-              Olahraga sebagai alat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa atau dengan kata lain olahraga berfungsi sebagai lem perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

-              Olahraga sebagai alat atau sarana pendidikan untuk menanamkan disiplin atau meningkatkan disiplin, karena berolahraga dengan mengabaikan aturan – aturan dan peraturannya akan dapat mencelakakan, oleh karena itu olahraga merupakan sarana yang baik untuk membentuk karakter bangsa (Nation character Building)

-              Olahraga juga merupakan sarana / jembatan untuk menjalin persahabatan antar bangsa

-              Olahraga juga dapat menjadi sarana untuk promosi daerah.

Bapak – bapak dan saudara peserta Rapat koordinasi program pembangunan kepemudaan dan keolahragaan daerah Jambi yang saya hormati.

 

Apa yang telah di sampaikan tadi saya harapkan dapat membuka cakrawala / wawasan saudara pada saat diskusi nanti, sehingga Rapat koordinasi program ini dapat menghasilkan program – program pembangunan kepemudaan dan keolahragaan yang benar – benar menyentuh kehidupan dunia kepemudaan dan keolahragaan di daerah Jambi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

SELEKSI PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA (PPAN) TAHUN 2017

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2017 adalah
merupakan salah satu Program Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik
Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah
merupakan Negara Kepulauan yang memiliki keberagaman Suku, Etnis,
Agama, Adat Istiadat dan Budaya


Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2017 adalah merupakan
ajang untuk menggali potensi kader Pemuda di Daerah sekaligus potensi Kader
Pemuda Nasional. Program ini merupakan kegiatan strategis dalam rangka
menjalin persahabatan dan saling pengertian antar Pemuda kedua Negara
dalam berbagai aspek kehidupan.


Kegiatan ini juga merupakan suatu wahana bagi Pemuda untuk
memperluas wawasan dan cara berfikir baik dalam pergaulan di antara para
Pemuda Indonesia maupun dalam pergaulan Pemuda antar Negara dalam
kerangka kerjasama Internasional. Setelah selesai mengikuti Program PPAN ini
dan kembali ke daerah diharapkan Peserta tersebut dapat men
gaktualisasikan


apa yang telah mereka peroleh dari kegiatan dimaksud melalui "Post Program
Activity" (PPA) dalam rangka membangun Kepemudaan Daerah dan Nasional
Provinsi Jambi melalui Dinas Kepemudaan dan olahraga sebagai
Stakeholder di Daerah telah melaksanakan Proses Seleksi Pertukaran Pemuda
Antar Negara (PPAN) Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jambi.


B. DASAR PENYELENGGARAAN


a. Surat Keputusan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi
Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Panitia, Tim seleksi dan Tim
Juri pada Kegiatan seleksi calon Peserta Pertukaran Antar Negara (PPAN
Provinsi Jambi Tahun 2017
b. Surat Kementerian Pemuda dan olahraga Republik Republik Indonesia
Nomor 2.23,7/SET DII-s/m/2017 Tanggal 23 Februari 2017 Perihal seleksi
Calon Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2017.

C. MAKSUD DAN TUJUAN


Maksud dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah dalam rangka
memilih calon Peserta Pertukaran Antar Negara (PPAN Tahun 2017 utusan
Provinsi Jambi, dengan tujuan agar mendapatkan Calon Peserta PPAN yang
Sehat Jasmani dan RohaniMemiliki Kompetensidan Berintegritas serta
Berkepribadian Baik dan Berahklak Mulia.


D. SASARAN, WAKTU DAN TEMPAT


Jumlah Alokasi Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)
Tahun 2017 adalah sebagai berikut
1. Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA) Putra Usia 21-25 Tahun
2. Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) Putri Usia 23-27 Tahun
3. Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan (PPI-Kor) Putra Usia 18-24
Tahun


Adapun untuk jumlah peserta Calon Pertukaran Pemuda Antar Negara
Tahun 2017 ini diikuti sebanyak 93 (sembilan puluh tiga) orang.

Yang telah diselenggarakan dari tanggal 21 s d 24 April 2017, bertempat di wiltop Hotel
Jambi dan Hall WTC Batanghari Jambi pada acara malam Final.
Dari hasil seleksi malam final yang telah dilaksnakan pada tanggal 24
April 2017, telah terpilih 3 (tiga) orang Finalis sebagai berikut

 

1. Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPI-A)

Nama : Zidni Ma'ruf

Tempat/Tgl Lahir : Jambi, 25 Agustus 1995

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Alamat : Jln. KH. M. Zuhdi (Kel Olak Kemang (Kec).
   Danau Teluk Kota Jambi.

 

2. Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan (PPI-Kor

Nama : Safrun Robiallah

Tempat/Tgl Lahir : Sarolangun, 24 Juni 1995

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Alamat : Perumahan Mendalo Asri Jaluko) Ma Jambi

 

3. Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPI-M)
Nama : Yossy Delfitri

Tempat/Tgl Lahir :  Jambi, 18 November 1992

Jenis Kelamin : Perempuan13

Alamat : Jln. Marsda Surya Dharma RT. 14 No. 


E. TITM DAN MATERI SELEKSI
seleksi calon Peserta PPAN Provinsi Jambi Tahun 2017 ini dilaksanakan
oleh TIM yang terdiri dari:


1. Dinas Kepemudaan dan olahraga Provinsi Jambi.
2. Universitas Jambi
3. Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI Jambi
Adapun untuk materi seleksi terdiri dari
1. Community Development (Pemberdayaan Masyarakat
2. Bidang Agama
3. Bidang Psikologi
4. Bahasa Inggris
5. Kemampuan Komunikasi
6. Seni Budaya
7. Bidang Akademik/Tes Potensi Akademik

Gubernur Jambi Zumi Zola mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Jumlah anggota Paskibraka Provinsi Jambi yang dikukuhkan sebanyak 56 orang yang terbagi dua group, yaitu Group Merah dan Group Putih.  Acara pengukuhan anggota Paskibraka ini dilaksanakan di rumah dinas gubernur Jambi di kawasan Ancol, Jumat (12/8/2016) sekitar pukul 19.30 WIB.

Acara diawali dengan pengantar pengukuhan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Drs Satria Budhi, MM. Pengukuhan dilakukan oleh Gubernur Jambi Zumi Zola dengan ditandai pembacaan Ikrar Putra Putri Indonesia yangdiikuti oleh seluruh anggota Paskibraka. Salah seorang menjadi wakil anggota Paskibraka mencium bendera saat pembacaan ikrar.

Setelah pembacaan ikrar, gubernur dan sejumlah pimpinan daerah memasangkan kendit di pinggang para anggota Paskibraka.Dalam sambutannya, Zola meminta agar seluruh anggota Paskibraka mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melaksanakan pengibaran maupun penurunan bendera merah putih pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)Kemerdekaan ke-71 RI pada  17 Agustus 2016 nanti. 

Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jambi Drs. H. Wahyudddin M.Pd, Selasa malam (2/5), membuka secara resmi pelaksanaan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2017, bertempat di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Kota Jambi.

Dalam sambutannya Drs. H. Wahyuddin M.Pd menyampaikan, ditengah-ditengah kehidupan masyarakat kita saat ini penghayatan dan penghormatan terhadap Sang Merah Putih semakin pudar dan menipis.

Hal ini terlihat dari tata krama saat penggunaan Sang Merah Putih yang sudah tidak sesuai dengan jiwa dan nilai-nilai yang terkandung pada Bendera Kebangsaan sebagai simbol lambang Negara Republik Indonesia.

Ini semua disebabkan karena sebagian masyarakat kurang menghormati dan tidak memahami akan arti serta makna Sang Merah Putih yang diperjuangkan dengan tetesan air mata, darah, dan nyawa untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, ujar Wahyuddin.

“Untuk itu, perlu dilakukan upaya pembinaan bagi seluruh lapisan masyarakat dan komponen Bangsa terutama membangun kembali Nation Caracter Building (Pembangunan Jiwa Bangsa). Salah satunya dengan menyelenggarakan seleksi dan pemilihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), jelasnya.

Wahyuddin juga menyampaikan, dalam pelaksanaan seleksi Paskibraka Tahun 2017 ini, agar Tim Work untuk mengikuti sesuai aturan yang berlaku.

“Jangan ada interpensi dari pihak manapun, kita tidak ingin terulang pada beberapa tahun yang lalu, saat mengirim utusan ke Tingkat Nasional semuanya pulang”, tegas Wahyuddin.

Ketua panitia acara seleksi Paskibrakan Tahun 2017, Mumtaz Mona S.Pd dalam laporan sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan calon Paskibraka yang sehat jasmani dan rohani, berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.

Mumtaz menjelaskan, calon Paskibraka yang mengikuti seleksi ini adalah siswa-siswa SMA, SMK, MAN dari Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, dengan jumlah 100 orang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 2-5 Mei 2017. Diisi dengan berbagai materi, seperti pengetahuan umum, kesenian, psikotes dan wawancara, kesehatan, Kepramukaan, Bahasa Inggris, fisik dan jasmani, serta pelatihan baris-berbaris oleh Tim Seleksi dari Dinas/Instansi terkait, tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Jambi atau yang mewakili, Korem 042/Gapu atau yang mewakili. Selain itu, Kepala Bidang, Kasi atau Kasubbag dilingkungan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, serta para tamu undangan lainnya. (Nai)

Sumber : http://jambicenter.com

 

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi bekerja sama dengan Korps ALumni Kapal Pemuda Nusantara Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Seleksi Peserta Kapal Pemuda Nusantara Provinsi Jambi.

Program ini memberikan kesempatan kepada Pemuda dan Pemudi di seluruh Indonesia untuk melakukan program pelayaran yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Beberapa aspek yang akan diangkat untuk diperkenalkan kepada para pemuda peserta KPN berupa potensi kekayaan sumber daya kelautan, mantra laut sebagai media penghubung dan komunikasi, sektor industri dan jasa maritim dan wirausaha berbasis kelautan. 
Dengan tujuan pelayaran “Sail Sabang 2017”, Delegasi KPN ke-9 ini diharapkan akan dapat membawa kembali semangat bahari dan memperkenalkan semangat Provinsi Jambi dikancah nasional maupun internasional. Untuk tahun 2017 ini, Seleksi Delegasi KPN “Sail Sabang 2017” berupa seleksi 
  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi wawancara/keterampilan seni budaya dan 
  3. Seleksi fisik/renang 

Selama program berlangsung peserta akan mendapatkan paparan mengenai topik terkait, character building, aksi pengabdian masyarakat dan menghadiri acara puncak Sail Sabang dengan tugas menyambut kehadiran Presiden dan jajaran menterinya. Seleksi Kapal Pemuda Nusantara Sail Sabang 2017.

Daerah  resmi dibuka! Pendaftaran pada 02 - 15 Mei 2017. 

Persyaratan Calon Peserta : 

  1. Pemuda/pemudi Provinsi Jambi usia 18-25 tahun 
  2. Pendidikan minimal SMA/sederajat
  3. Belum menikah 
  4. Sehat jasmani rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter/pemerintah setempat.
  5. Memahami dan memiliki pengetahuan kebaharian, pariwisata, seni budaya Provinsi Jambi.
  6. Surat keterangan bebas narkoba/minuman keras dan zat terlarang lainnya dari BNN Provinsi.
  7. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK dari pejabat berwenang.
  8. Diutamakan Pemuda yang berprestasi, dari Unsur Satuan Tugas Organisasi Kepemudaan, (OK), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Resimen Mahasiswa (MENWA), Pramuka, Pemuda Pondok Pesantren/Seminar, Tingkat Provinsi/Kab/Kota dan mendapat Rekomendasi dari Ketua dan Sekretaris yang bersangkutan.
  9. Tidak merokok 
  10. Mampu berkomunikasi dengan baik 
  11. Memiliki kemampuan individu yang dapat diintegrasikan dalam kerja tim maupun antar tim 
  12. Bersedia mentaati peraturan dan mengikuti tahapan seleksi 
  13. Bisa berenang 
  14. Memiliki motivasi kuat mengikuti program 
  15. Tinggi Putri 155 cm dan 45 kg, Putra 160 cm dan 50 kg.
  16. Mengikuti Semua akun Media Sosial Kemenpora dan KAKPN Provinsi Jambi.


Persyaratan Administrasi : 

  1. Fotocopy KTP yang masih berlaku;
  2. Izin tertulis dari orang tua/wali bermatrai;
  3. Fotocopy Ijasah Terakhir;
  4. Fotocopy SKCK;
  5. Surat Keterangan Izin cuti bagi mahasiswa dan pelajar;
  6. Sehat dari dokter;
  7. Curriculum Vitae (CV) Fotokopi sertifikat/piagam yang dimiliki;
  8. Motivation Letter;
  9. Membuat Makalah mengenai Potensi Kebaharian/ Kelautan peserta, dengan persyaratan : minimal 10 halaman, kertas ukuran A4 dengan Spasi 1/1/2 Ukuran dan font 12 Times New Roman, makalah dikumpul pada registrasi.
  10. Mebawa Buku tentang kemaritiman /Kepemudaan yang anti akan disumbangkan; 
  11. Pas foto terbaru 3X4 (5 lembar) 
  12. Dikumpulkan menggunakan stopmap biru (putra) dan merah (putri)
Pendaftaran Peserta 
Setiap Hari : Kerja Senin - Jumat 
Pukul : 08.00 WIB - 15.00 WIB 
Tempat : Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Cq. Bidang Pemuda

Jl. Letkol Slamet Riyadi No. 54, Broni Jambi, depan Shang Ratu Hotel, samping Bank Batanghari. 
Kontak Person     : KAKPN PROVINSI JAMBI
Instagram           : KAKPN JAMBI

Plt. Kadispora Provinsi Jambi, Drs. H. Wahyuddin,M.Pd menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Jambi, Dra. Hj Juniwati T Masjchun Sofwan,SH beserta rombongan. Kamis,pagi (30/03/2017) Raja Habibie Nasuton

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi didampingi Staf Khusus Olahraga Taufik Hidayat, Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Marheni Dyah Kusumawati dan Sesdep Bidang Pembudayaan Olahraga Bambang Laksono hari Kamis (27/4) siang menerima kunjungan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli yang hadir bersama Kadispora Jambi Wahyudin dan Kabag Penghubung Jambi di Jakarta Amidy di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta.
Kepada Menpora, Zumi bermaksud untuk meningkatkan prestasi olahraga di provinsi yang dipimpinnya dengan dibangunnya sport center. "Antusias olahraga di Jambi khususnya anak mudanya sangat luar biasa, di PON kami fokus di cabang dayung karena kami memiliki daerah pesisir di dua kabupaten dan banyak bakat lahir dari sana," ujarnya.
Pihaknya mengajukan dukungan kepada Kemenpora agar dapat dibangun sebuah sport center. "Kami telah memiliki lahan untuk sport center pak seluas 100 ha di Kabupaten Muara Jambi dan dapat dikembangkan hingga 500 ha tetapi kami juga telah menganggarkan dari APBD kami," tambahnya.
Menpora menyampaikan, Kemenpora berkewajiban mendorong setiap kabupaten/kota untuk memiliki olahraga unggulan yang prioritas. "Mungkin dayung salah satunya untuk jangka panjang nantinya dapat disesuaikan memang GOR dan Stadion mutlak dimiliki sebagai pemenuhan olahraga unggulan di provinsi atau kabupaten/kota," ucap Menpora.
"Dengan anggaran APBN yang sangat terbatas kami saat ini sedang fokus ke persiapan Asian Games 2018, yang paling mungkin adalah dengan BUMN sesuai keputusan Rapat Terbatas dengan Presiden, silakan dengan berkirim surat ke Presiden tentang sport center, stadion dan sebagainya tetapi harus direncanakan menjadi yang terbaik dan skala internasional, kalau yang seperti revitalisasi lapangan desa bisa melalui kami," urai Menpora menambahkan.
Usai menerima kunjungan Gubernur Jambi di tempat yang sama Menpora juga menerima kunjungan silaturahmi Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba yang juga hadir bersama Kadispora Halsel Nur Kamarulloh dan Kabag Humas Mujiburahman. Bupati Kasuba memastikan kepada Menpora bahwa Halmahera benar menjadi tuan rumah Liga Santri Nasional.
"Kami memastikan bahwa Halmahera benar menjadi tuan rumah Liga Santri dan kami siap juga Gowes Pesona Nusantara juga kami siap di samping kami mohon untuk revitalisasi GOR kami," ucap Bahrain.
Menpora mengucapkan pihaknya sebenarnya ingin berbuat banyak dan memberikan yang terbaik tetapi tidak sebanding dengan anggaran yang kami miliki. "Dana insfrastruktur yang kami miliki tidak lebih dari Rp 200 miliar yang harus di sebar ke seluruh Indonesia, Rp 150 miliarnya untuk revitalisasi lapangan desa, tetapi 2018 akan di cover oleh dana desa sehingga nanti bisa untuk space stadion dan GOR," ucap Menpora. (ben)

Gubernur Jambi yang dalam hal ini diwakili Plt.Sekda Provinsi Jambi, Selasa (16/5), memimpin Upacara Pembukaan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2017. Acara tersebut dilaksanakan di GOR BSC Kabupaten Batanghari.

Turut hadir pada upacara Pembukaan Napak Tilas Provinsi Jambi tersebut Bupati Batanghari,Ir.H.Syahirsyah,Sy, Plt.Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Plt.Drs.H.Wahyuddin,M.Pd.I, Forkompinda, Para Kepala OPD, serta para tamu undangan lainnya

 

Gubernur Jambi, dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekda Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka mengenang kembali sejarah dan jejak perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perjuangan.

Kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi tahun 2017 ini diikuiti oleh generasi muda yang tergabung dalam OKP/Menwa/Mapala/Karang Taruna dan Pramuka dengan jumlah peserta sebanyak 110 orang yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi.

Setiap kota/kabupaten mengirimkan 1 regu 10 orang dan 2 orang pendamping.Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 15 s/d 18 Mei 2017.Acara Pembukaan ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Gubernur Jambi, serta penyerahan Perlengkapan untuk gotong royong oleh Bupati Batanghari kepada peserta.

Usai acara, Bupati Batanghari Ir Syahirsah mengatakan. Kegiatan ini bertujuan agar generasi muda khususnya bisa mengenang krmbali para pahlawan yang telah gugur di medan perang dan sebagainya. “Kegiatan ini harus berjalan, karena kita sangat perlu sekali mengetahui jejak perjuangan para pahlawan,”kata Bupati.

Pagi ini, Minggu (21/5/2017). Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi, Drs.H.Wahyuddin,M.Pd membuka dengan resmi pelatihan kaderisasi kepemimpinan tingkat dasar. Yang bertemakan, untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kepemimpinan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, menuju Jambi tuntas 2021.

Acara tersebut berlangsug di Grand Hotel. Dihadiri Danrem 042 Gapu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rektor Universitas Jambi dan puluhan peserta siswa siswi dari Kabupaten atau Kota.

Dalam sambutannya, Wahyuddin mengatakan, bahwa salah satu agenda penting dalam pengembangan bangsa Indonesia adalah pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Dimana dari jumlah penduduk Indonesia saat ini 29,4 % atau 65 juta jiwa, diantranya adalah pemuda.

Wahyuddin menambahkan, besarnya jumlah pemuda tersebut merupakan potensi dan aset yang besar bagi bangsa Indonesia, mengingat mereka masih tergolong usia muda dan produktif, memiliki pemikiran dan produktifitas kerja yang tinggi serta mempunyai kemampuan fisik dan mental yang kuat.

Namun disisi lain, jika binaan dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki pemuda kurang optimal dan tidak terarah, "akan menjadi beban dan tanggung jawab kita, karena akan muncul berbagai permasalahan sosial yang sama-sama tidak kita inginkan," jelasnya.

Kemudian Wahyuddin juga mengatakan, Dengan jumlah pemuda yang sedemikian, maka iya sangat membutuhkan pembinaan dan pengembangan yang berkesinambungan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda.

Lebih lanjut, Wahyuddin juga menyampaikan, peningkatan kualitas dan kreatifitas pemuda adalah keharusan oleh setiap bangsa dan negara. "Upaya untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pemuda merupakan keharusan setiap bangsa dan Negara ditengah berbagai perubahan yang Melingkupi dinamika dunia kepemudaan saat ini," lanjut Wahyuddin.

Tidak hanya itu saja, Wahyuddin juga mengatakan, bahwa peningkatan kualitas pemuda sesungguhnya merupakan jawaban terhadap aneka persoalan yang menerpa dunia kepemudaan yang akan mempengaruhi kehidupan bangsa dan negara dimasa depan.

Maka dari itu, Wahyuddin menghimbau kepada semua peserta yang hadir, untuk memiliki kompetensi leadership yang prima. "Dengan berbekal jiwa kepemimpinan dan kopetensi kepemimpinan, kaum muda dapat mengambil langkah-lanhlgkah proaktif dan dinamis dalam memjukan kehidupan bangsa dan negaranya," tuturnya.

Wahyuddin juga berharap, dimasa yang akan datang akan muncul pemimpin yang berwatak paripurna.
"Melalui berbagai bentuk pelatihan kepemimpinan, diharapkan dimasa mendatang muncul persemaian pemimpin yang berwatak paripurna," harapnya.

Karena sosok pemimpin paripurna itulah yang menjadi garansi bahwa pembangunan Nasional yang disetiap level penyelenggaraan Negara akan bermuara pada semata-mata kemakmuran rakyat.

"Saya berharap kepada peserta, ikutilah pelatihan ini dengan sesungguh-sungguhnya untuk dijadikan bekal bagi dari sendiri, dalam rangka membangun bangsa dan negara yang sejahtera, aman dan damai," tutupnya. 

  1. Kegiatan Pelatihan Keterampilan dan Wirausaha Pemuda tahun 2017 bertujuan memberdayakan pemuda yang mempunyai bakat secara optimal agar memiliki keunggulan daya saing dan keterampilan yang memadai dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara serta meningkatkan  dan mengembangkan  potensi bakat dan minat  pemuda sehingga mereka mempunyai kepercayaan diri yang kuat, memiliki jati diri, mampu berkarya dan berkreasi, produktif, memiliki daya saing serta memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi generasi muda Jambi yang diharapkan nantinya siap bekerja keras, mandiri dan berkualitas untuk menjadi pahlawan keluarga, masyarakat dan negara.
  2. Peserta Pelatihan Keterampilan dan Wirausaha Pemuda tahun 2017 berjumlah 45 orang peserta yang berasal dari kelurahan yang ada dalam Kota Jambi.
  3. Materi yang diberikan kepada peserta pelatihan keterampilan dan Wirausaha Pemuda tahun 2017 adalah :
    1. Kebijakan dan pengembangan program Wirausaha Pemuda
    2. Desa Bahagia.
    3. Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba.
    4. Temu awal Penjelasan Program Kewirausahaan Pemuda.
    5. Kepemimpinan Pemuda
    6. Dasar-dasar dan manajemen Kewirausahaan.
    7. Mind Set Wirausaha.
    8. Iman dan Taqwa dalam sikap dan mental Wirausaha
    9. Membangun Sikap dan Mental Wirausaha.
    10. Olahraga Senam
    11. Kekuatan dan kelemahan diri
    12. Perencanaan dan pengembangan usaha kecil
    13. Pengembangan Usaha Mikro dalam hal Permodalan.
    14. Kiat sukses pengusaha muda
    15. Karakter building dan Enterpreneur

4. Sedangkan Narasumber yang memberikan materi pada kegiatan ini adalah dari:

  1. BNN Provinsi Jambi
  2. Fakultas Ekonomi Universitas Jambi
  3. Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari
  4. IAIN STS Jambi
  5. Disperindag Provinsi Jambi
  6. BRI Cabang Jambi
  7. BPC HIPMI Jambi
    1. HP3KI Jambi
    2. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi
    3. Setelah mengikuti pelatihan peserta akan di kursuskan/pemagangan selama lebih kurang 3 (tiga) bulan dengan keterampilan yang diminati masing – masing peserta yaitu:

-       Keterampilan Menjahit

-       Keterampilan Seni merangkai bunga dan design floral

-       Keterampilan Tata Boga

5. Secara umum tidak ada kendala yang berarti yang dihadapi oleh Peserta Pelatihan keterampilan dan Wirausaha Pemuda,  semua peserta dalam keadaan sehat wal’afiat dan telah kembali ketempat usahanya masing – masing.