Pembangunan olahraga yang terus digalakkan memerlukan adanya proses pembinaan yang berkesinambungan dari satu generasi ke generasi berikutnya. 
Tidak hanya pembinaan olahragawan, tenaga keolahragaanpun memerlukan adanya pembinaan yang komprehensif agar tercipta tenaga keolahragaan yang memiliki kompetisi unggul Dengan demikian akan tercipta sebuah proses pembinaan yang semakin membaik, yang salah satunya ditandai dengan semakin kompetitifnya output yang dihasilkan.


Peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan telah menjadi komitmen nasional dalam rangka pembangunan jangka panjang. Oleh karena itu berbagai kegiatan yang dipandang memiliki dampak signifikandalam peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan perlu terus dikembangkan.


Tenaga keolahragaan merupakan elemen yang sangat penting dalam menciptakan olahragawan yang dapat bersaing pada berbagai level kejuaraan olahraga. 
Oleh karena itu tenaga keolahragaan perlu diberikan pembekalan berbagai disiplin ilmu yang komprehensif dan terbaru mengingat begitu pesatnya perkembangan ilmu dan pengetahuan keolahragaan. 


Jika hal ini tidak dilakukan maka akan dipastikan bahwa prestasi olahraga nasional akan semakin tertinggal dari negara-negara lain yang sudah menggunakan pendekatan keilmuan terbaru.
Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Olahraga Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga memprogramkan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Tahun 2018 yang Bertujuan untuk 
1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan
2. Untuk meningkatkan wawasan kepelatihan olahraga bagi pelatih dan asisten pelatih cabang olahraga dalam membina atletnya menjadi atlet yang handal di kemudian hari.
3. Mensosialisasikan bentuk pelatihan yang terbaik
Agar Terwujudnya tenaga keolahragaan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam membina atletnya di lapangan.


Peserta pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Tahun 2018 sebanyak 70 (tujuh puluh) orang, terdiri daripelatih/asisten pelatih PPLP, tenaga keolahragaan dari pengprov, club olahraga dan pelatih olahraga di Sekolah.


Materi yang diajarkan pada pelatihan ini terdiri dari 1. Kebijakan Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan2. Program 100.000 Orang Pelatih dan Instruktur3. Dasar-dasar Kepelatihan4. Manajemen Pengelolaan Olahraga5. Pendampingan Pembuatan Program Pelatih6. Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaar7. Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap Pembinaan Olahraga diProvinsi Jambi8. Revolusi Mental9. Peran dan Fungsi Pelatih10. Cedera dan Rehabilitasi11. Motorik12. Perencanaan Latihan13. Tes dan Pengukuran Olahraga14. Peningkatan Kondisi Fisilk15. Aktivitas Out Door Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Tahun 2018 dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 10 s.d. 13 Mei 2018 di Badan Pengembangan SDM Provinsi Jambi.

Hasil Kejurnas Senam PPLP Cabang Senam Artistik Putra dan Artistik Putri memperoleh 3 Medali Emas, 3 Medali Perak, dan 3 Medali Perunggu. Berikut Nama Nama atlit yang mendapatkan Medali.

1. Chelsea 1 Medali Emas Pada alat Palang Bertingkat, dan 1 Medali Perunggu pada Kompetisi Serba Bisa.

2. Pratiwi 1 medali perak pada alat Balok keseimbangan kategori 1

3. Lidia 1 Medali Perak pada alat balok keseimbangan Kategori 2.

4. As. Sugiarto mendapatkan 2 medali Emas dan 1 medali perunggu pada alat serba  bisa.

5.Bintangta Tarigan mendapatkan 1 medali perak pada alat kuda pelana.

6. Andrew dwi saputra 1 medali Perunggu pada alat palang sejajar.
#disporajambi

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengemukakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya dalam mendukung berbagai kegiatan guna kemajuan kepemudaan dan keolahragaan, seperti festival olahraga tradisional dan liga santri.

Hal tersebut dikemukakan Sekda saat Pembukaan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional XI Tahun 2018 dan Liga Santri Nusantara Region Sumatera VI Wilayah Jambi Tahun 2018, bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (7/7) malam. Event ini dibuka oleh Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr.Raden Isnanta,M.Pd, yang ditandai dengan pemukulan kompangan, alat musik tradisional Provinsi Jambi.

Pembukaan festival diawali dengan parade defile peserta, Festival Olahraga Tradisional diikuti oleh 18 provinsi dan 2 kabupaten di Provinsi Jambi, Liga Santri Nusantara, diwakili oleh 12 pondok pesantren di Provinsi Jambi yang mengikuti Liga Santri Nusantara tersebut. "Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memberi dukungan penuh atas terselenggaranya even nasional di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan dan kemajuan keolahragaan dan persepakbolaan di Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi," ujar Sekda.

Sekda mengungkapkan, olahraga tradisional merupakan olahraga bernuansa tradisional yang menunjukkan jati diri suatu kebudayaan daerah, untuk selalu dijaga, dikembangkan dan dilestarikan, karena bagian dari warisan leluhur bangsa dan kekayaan budaya bangsa. "Olahraga tradisional memiliki nilai luhur yang perlu kita wariskan kepada generasi muda untuk meningkatkan semangat persahabatan, kebersamaan, kekeluargaan dan menciptakan suasana keceriaan. Saat ini merupakan momen yang tepat bagi kita untuk mulai melestarikan nilai-nilai historis dan sosial kemasyarakatan bangsa ini," ungkap Sekda

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan bahwa festival olahraga tradisional merupakan upaya untuk melestarikan budaya, yang sarat dengan makna dan nilai-nilai positif bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hal tersebut disampaikan Fachrori dalam Welcome Dinner menyambut Perwakilan Kontingen Festival Olahraga Tradisional XI Tingkat Nasional Tahun 2018, berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (6/7/18) malam. Fachrori menyampaikan, kedatangan kontingen dari berbagai daerah dalam acara Festival Olahraga Tradisional dapat menambah wawasan keragaman nilai budaya melalui permainan olahraga tradisional. "Interaksi antar budaya mengalami kemajuan," ungkap Fachrori.

Fachrori menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi berupaya membangun kembali permainan atau olahraga tradisional yang dirasakan sudah mulai menghilang dalam kehidupan masyarakat. "Pemuda saat ini banyak yang bentrok, dahulu aman tentram, bersaudara ujung barat dan timur. Kita bangun kembali dengan permainan dan olahraga tradisonal yang penuh makna," kata Fachrori. Fachrori Umar menegaskan bahwa permainan tradisional menunjukkan besarnya bangsa dengan kekuatan budaya. "Indonesia milik kita, kita bangkitkan lagi, pemuda jangan ada bentrok," tegas Fachrori. Fachrori menerangkan, kecintaan terhadap tanah air semakin memudar atas desakan arus globalisasi teknologi dan komunikasi. "Terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga, sebagai tuan rumah, kami siap melaksanakan event keragaman budaya dan pentingnya toleransi, serta penyelesaian masalah tanpa kekerasan," tutur Fachrori.

Minggu Tanggal 15 April 2018

Mewakili Plt. Gubernur Jambi, Asisten II bidang Kesejahteraan Sosial, Ir. Agus Sunaryo didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M.Pd Menghadiri acara malam final Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Hotel Grand Abadi Jambi dan dari 56 (lima puluh enam) Orang peserta Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 telah terpilih 2 (dua) Orang Perwakilan untuk Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) sebanyak 1 orang (Putri), Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) sebanyak 1 orang (putra) dan ASEAN- Indica Students Exchange Program (AISEP) sebanyak 1 orang (putra). 
Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan progam tahunan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dan program pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasarn serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks di masa yang akan datang. 
Tujuan kegiatan pertukaran pemuda antar negara ini adalah untuk mempererat persahabatan dan kerjasama pemuda dengan negara sahabat,meningkatkan rasa saling pengertian antara pemuda Indonesia dengan negara sahabat, menciptakan generasi muda yang berwawasan internasional, dan yang paling penting memberikan peluang kepada generasi muda untuk menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dengan negara sahabat.
Program ini sangat membutuhkan keseriusan, mental, fisik dan pengetahuan khususnya mengenai Provinsi Jambi. Seorang duta juga dituntut untuk memiliki talenta dan kemampuan berbahasa inggris untuk dapat berinteraksi di negara luar. Untuk itu para calon tentunya wajib mengetahui seluk beluk baik itu terkait pariwisata, sosial budaya, program pemerintah, bahasa dan lain sebagainya. Seorang yang menjadi duta nantinya diharapkan mampu mewakili Provinsi Jambi dan mempromosikan Promosi Jambi termasuk potensi, budaya pariwisata Provinsi Jambi.
Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya Kegiatan Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2018 ini. Saya berharap kegiatan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya pemuda terhadap pentingnya pembangunan yang terus berkesinambungan secara merata, sesuai dengan Visi Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera.
Berdasarkan Surat Kementerian Pemuda dan Olahraga nomor 2.28.2/ DI-5/ll/2018 tanggal 28 Februari 2018 perihal Seleksi Calon Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2018 maka Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi mengadakan pemilihan Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) utusan Provinsi Jambi Tahun 2018, dengan tujuan untuk mendapatkan Calon peserta PPAN yang sehat jasmani dan rohani berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.
Sasaran, Waktu dan Tempat Jumlah Alokasi Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 adalah 3 Negara, yaitu 
  • Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) sebanyak 1 orang(Putri). 
  • Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) sebanyak 1 orang (putra) dan
  •  ASEAN- Indica Students Exchange Program (AISEP) sebanyak 1orang (putra). 
Untuk Program AISEP pesertanya langsung diambil dari hasil seleksi tahun 2017 yang peserta cadangan, karena permintaan peserta program AISEP kita terima tanggal 27 Maret 2018 sedangkan batas akhir penyerahan berkas peserta tanggal 5 April 2018 jam 12.00 siang lewat dari batas itu berkas tidak dapat diterima lagi.
Sedangkan jumlah Peserta Seleksi Peserta Program PPAN ini diikuti sebanyak 56 (lima puluh enam) Orang peserta. Penyelenggaraan SeleksiCalon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 dilaksanakan dari tanggal 12 s.d 15 April 2018 bertempat di Hotel Royal Garden JIn. Marsda Surya Darma No. 99 Kenali Asam Bawah Kota baru Jambi untuk Babak penyisihan dan Hotel Grand Abadi Jambi pada acara Final. Seleksi Calon Peserta PPAN Provinsi Jambi Tahun 2018 dilaksanakan oleh Tim Seleksi dari Dinas/instansi terkait, yaitu: 
  1.  Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi Jambi. 
  2. Psikolog Jambi 
Sedangkan materi seleksi terdiri dari :
  • Community Development/ Pemberdayaan Masyarakat - 
  • Bidang Agama - 
  • Bidang Psikologi - 
  • Bahasa Inggris - 
  • Kemampuan Komunikasi (tertulis dan Wawancara) - 
  • Seni Budaya - Bidang Akademik/Tes Potensi Akademik 

Tim seleksi calon paskibraka tingkat Provinsi Jambi dan nasional resmi diumumkan. Dari 100 peserta dari kabupaten kota terjaring 56 pelajar dan 2 diantaranya akan mewakili Provinsi Jambi di tingkat nasional.Berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Kepemudaan dan olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi nomor 28 tahun 2018 pada tanggal 5 Mei 2018.

Menetapkannomor peserta 26 Dendi Panriadi utusan SMA 1 Tanah Sepenggal Kab Muaro Bungo, dan nomor urut 92, Rahmadeni Putri Haimda pelajar Puteri SMA 1 Merlung Kabupaten Tanjabbar untuk dikirim ke tingkat nasional.Sementara dua peserta lainnya, nomor 16 atas nama M Rivaldi SMA 6 Batanghari dan Rara Wiranata asal SMA 1 Muaro Bungo Kabupaten Bungo menjadi cadangan di tingkat nasional.

Hadiri Pertandingan Volly Ball di Pall Merah, Kadiskepora Provinsi Serahkan Titipan Gubernur Jambi
JAMBERITA.COM - Ratusan Warga Lorong Mustika kelurahan lingkar Selatan, Kecamatan Pall Merah Kota Jambi pererat tali silaturahmi dengan mengelar jalan sehat dan pertandingan Volly Ball antar club.


Gubernur Jambi Zumi Zola melalui Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi Wahyuddin menyampaikan, mohon maaf Zumi Zola belum dapat hadir karena adanya agenda dan kegiatan yang belum bisa ditinggalkannya.


"Dari beliau sebenarnya sangat ingin sekali hadir bersama sama kita, namunkarena ada hal dan kegiatan yang tidak bisa ditingkalkan maka di wakilkan kepada kami," kata Wahyuddin dalam sambutannya, dilapangan Madani Lorong Mustika, Minggu pagi (25/2/2018)


Dijelaskannya, sebagai perwakilan dari Gubernur Jambi dirinya mengucapkan rasa terima kasih atas tersengelaranya kegiatan olahraga dan jalan sehat ini, diharapkan kepada seluruh warga dapat membudayakan olahraga dalam hidup sehari hari, minimal 3 kali dalam seminggu.


"Mari kita budayakan olahraga dengan secara rutin jelasnya kondisi badan kita menjadi sehat dan bugar sehingga kita dapat berfikiran positif dan terjalinnya silahturahmi dengan baik," terangnya.
Dengan berolahraga proses metabolisme dalam tubuh tentunya  akan berproses serta banyak sekali efek untuk kesehatan bagi semua. Selanjutnya, Wahyuddin menyampaikan ada titipan dari Gubernur Jambi untuk para warga dan pemuda setempat.


"Saya sampaikan ke pemuda ada titipan dari pak gubernur itu ada bola futsall dan volly nanti, kalau kurang silahkan melalui perwakilan untuk datang kedispora akan kita tambah yang penting digunakan," jelasnya.


Selain itu, Wahyuddin juga mengatakan mengingat sebentar lagi Kota Jambi khususnya akan menghadapi Pilkada serentak. Dirinya meminta agar para warga dapat menjaga kerukunan umat beragama, lingkungan dan sesama.


"Saya mengharapakan melalui olahraga dapat terjalinnya silahturahmi dengan baik, jangan oleh karena perbedaan kita semua menjadi terpecah, mari kita jaga kerukunan beragama, lingkungan dengan baik," pintanya.(afm)

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi Wahyuddin membangkitkan semangat pemuda Jambi untuk menciptakan wirausaha mandiri

"Kita punya program bantuan untuk wirausaha pemula, silahkan nanti adik adik untuk lebih lanjut datang ke Dispora," papar Wahyuddin saat membuka resmi seminar wirausaha pemuda mandiri dalam hal ini mewakili Gubernur Jambi, di Hotel Ceria Jum'at (3/3/2018).

Wahyuddin mengatakan, bantuan tersebut dapat dikucurkan bagi pemuda usaha pemula khususnya pemuda Jambi, namun tentu saja ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi.

"Salah satunya umur, dan kedua ya memang benar benar harus ada usahanya sehingga dapat dana yang diberikan oleh pemerintah pusat dapat dimanfaatkan dan mengembangkan usaha usaha para pemuda," tegasnya.

dalam seminar wirausaha ini, hadir ribuan para pelajar dan mahasiswa (pemuda) se Kota Jambi.

"Saya berharap pemuda dimasa kini, agar lebih tertarik menekuni dunia wirausaha dibanding profesi lainnya. Dan pemuda harus mampu merubah sesuatu yang sederhana menjadi industri kreatif yang lebih bakk serta bermanfaat," pungkasnya




Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi Wahyuddin meminta seluruh lapisan masyarakat Jambi membudayakan olahraga. 


Ini disampaikannya usai mengikuti jalan santai dalam rangka HUT Bank BTN Cabang Jambi, Minggu (4/3/2018). "Apa yang diselenggarakan Bank BTN ini diharapkan sejalan dengan program pola hidup budaya sehat," katanya.


Dijelaskannya, dengan berolahraga otomatis tubuh menjadi sehat dan bugar sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. "Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam hal meningkatkan pola hidup budaya sehat," terangnya.


Selanjutnya Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dispora tentu saja mengapresiasi kegiatan jalan santai ini. Ia berharap Bank BTN akan semakin dekat dengan masyarakat Provinsi Jambi. "Baik yang sudah menjadi nasabah, maupun yang belum menjadi nasabah Bank BTN Cabang Jambi," pungkasnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs. H. M. DIANTO M.Si Membuka Rapat Program Kepemudaan dan Keolahragaan Se - Provinsi Jambi Tahun 2018 di dampingi Drs. ARMAN Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. WAHYUDDIN, M. Pd


Rapat Program Kepemudaan dan Keolahragaan Se - Provinsi Jambi Tahun 2018 bertujuan untuk menyamakan persepsi  Kepemudaan dan Keolahragaan di Provinsi Jambi dengan tema melalui Rapat Program Kepemudaan dan Keolahragaan Se - Provinsi Jambi Tahun 2018 kita tingkatkan sinergitas pembinaan program Kepemudaan dan keolahragaan kab/kota Se Provinsi Jambi menuju Jambi Tuntas 2021.


Rapat Program Kepemudaan dan Keolahragaan Se - Provinsi Jambi Tahun 2018 diikuti seluruh kabupaten /kota yang ada di provinsi Jambi diikuti sebanyak 60 Orang peserta dan dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 23 Maret 2018 bertempat di Hotel Shang Ratu Kota Jambi.
#disporajambi

Rapat Kegiatan PPLP dalam rangka pembahasan tugas pokok dan tanggung jawab pengelola, pelatih dan pengurus Asrama PPLP Provinsi Jambi. PPLP Merupakan Wadah Pembinaan dan Pelatihan Atlit yang berbakat Olahraga dan Potensial untuk dikembangkan menjadi atlit berprestasi . untuk merealisasikannya diperlukan sebuah sistem yang mapan dan waktu yang panjang dengan menggunakan berbagai strategi dan kiat-kiat untuk mencapai tujuam prestasi. Untuk merealisasikannya diperlukan sebuah sistem yang mapan dan waktu yang panjang dengan menggunakan berbagai strategis dan kiat-kiat untuk mencapai tujuan prestasi.


Fungsi PPLP adalah Melaksanakan pembibitan dan pembinaan olahraga pelajar secara teratur dan berkesinambungan dalam suatu wadah atau sentar yang sistemtik
Tujuan PPLP adalah 
- menghasilakn atlit Pelajar yang berprestasi nasional, regional dan Internasional serta suskses dibidang akademik
- memberikan kesempatan yang optimal kepada para pelajar potensial untuk dibina dalam suatu wadah PPLP untuk mencapai prestasi optimal.

PEMBINAAN PPLP PROVINSI JAMBI TAHUN 2018
APBD
1. Cabor Senam 16 Orang (Artisti12, Ritmik 4 Orang/PI)
2. Cabor Judo 5 Orang
3. Cabor Angkat Besi 9 Orang
4. Cabor Pencak Silat 6 Orang
5. Cabor Karate 5 Orang
6. Cabor Tinju 5 Orang
Jumlah 46 Orang

APBN
1. Cabor Gulat 13 Orang
2. Cabor Taekwondo 6 Orang
3. Cabor Dayung 12 Orang 
4. Cabor Panahan 8 Orang
Jumlah 39 Orang

Totak Keseluruhan 85 Orang

Pengarah : Kadiskepora Prov. Jambi Drs.H. Wahyuddin, M. Pd
Penanggungiawab : Kabid Olahraga Ahmad Thauion, SH,MH

Ketua Pelaksana : H. Baharuddin, SE, MM 
Wakil Ketua : Jhoni Fransisca, S.Ag 
Sekretaris : Novarida, SE

Anggota 
Bidang Akademik : 
Drs. Agusman, M.Pd
Sagarosa, SE

Bidang Sarpras Latihan
Amiruiiah

Bid. Umum, Pengawasan, Pelatihan
Haidir
Doni Aria Zuhandi

Bidang Kesehatan & Gizi
Dr. Waskito 
Sundra, S.Gz

Bidang Administrasi
H. Gustamin, S.Kom, M.Si 
Julita Lantika

Pengurus Asrama :
1.Nuraini (Asrama PPLP Kotabaru, Cabor Karate, Judo, Pencak Silat, Angkat besi) 
2. Marnala Susana Manik (Asrama PPLP Senam) 
3. Irina Susanti (Asrama PPLP Cabor Tinju)
4. Wiwik Nurmadiningrum (Asrama PPLP Putri Cabor Dayung, Gulat dan Taekwondo)
5. Aan Nurhasanah (Asrama PPLP Putra Cabor Dayung, Gulat dan Taekwondo) 
6. Nursyamsiah (Asrama PPLP Panahan)

TUGAS DAN KEWAJIBAN PELATIH DAN ASISTEN PELATIH PPLP

Sehat jasmani dan rohani Memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi untuk melatih atlet PPLP

Memiliki kompetensi, sertifikat sesuai dengan aturan kecabangan dan pengalaman sebagai pelatih pada tingkat nasional dan/atau internasional

Mendapat rekomendasi dari lnduk Organsiasi Cabang Olahraga sesuai dengan persyaratan dan ketetapan yang ditentukan

Wajib membuat program latihan secara periodik

Berkoordinasi dengan Bidang Kepelatihan dalam melaksanakan seluruh program latihan olahraga

Mencatat hasil latihan harian atlet

Melakukan tes dan evaluasi terhadap perkembangan atlet

Merencanakan dan melaksanakan ujicoba dan pertandingan sesuai dengan program latihan yang telah disusun

Melaporkan perkembangan latihan dan prestasi atlet kepada Penanggugjawab PPLP, baik secara periodik dan tahunan.
kepada (triwulan, tengah semester dan tahunan.

TUGAS DAN KEWAJIBAN ATLET PPLP

Sehat jasmani dan rohani

Memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi

Membuat catatan pribadi hasil latihan dalam buku latihan harian

Atlet wajib mendapat layanan pendidikan akademik sesuai jenjang pendidikannya

Atlet wajib mengikuti latihan, pendidikan, uji coba, pertandingan dan kegiatan lainnya yang tidak diagendakan Pengelola/Manajemen PPLP

PELATIH FISIK DAN MENTAL

Pada Tahun Anggaran 2018, Diskepora Provinsi Jambi Menunjuk Anggota TNI dari KOREM 042 GAPU sebagai Pelatih FISIk dan

 

Mental Atlet PPLP, yaitu : 
1. Serma lrsak 
2. Sertu Arliyanto

Adapun tugas dan tanggung jawab Pelatih Fisik dan Mental adalah

- Menyusun dan melaksanakan program latihan fisik serta mencatat hasil latihan fisik;

- Melakukan tes dan evaluasi terhadap perkembangan atlet;

- Melaporkan perkembangan latihan fisik dan hasilnya kepada penanggungjawab PPLP.

 

URAIAN TUGAS PENGELOLA PPLP

1.Pengarah 
Memberikan arahan, bimbingan dan saran demi kel serta kesuksesan pengelolaan dan pembinaan PPLP;

2. Penanggungjawab 
- Menyusun rencana program kerja tahunan; 
- Mengupayakan sumber daya tambahan untuk menjamin kelancaran kegiatan; 
- Mengkoordinasikan seluruh kegiatan dengan instansi terkait; 
- Melaksanakan evaluasi secara berkala; 
- Menyampaikan laporan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Rl cq. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, dengan tembusan kepada Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga.

3. Ketua Pelaksana

-Melaksanakan kegiatan PPLP; 
-Menyusun dan menyampaikan laporan penye|enggaraan PPLP kepada Penanggungjawab.

4. Wakil Ketua

-Membantu Ketua Pelaksana dalam melaksanakan kegiatan PPLP 
-Menyusun dan menyampaikan laporan penyelenggaraan PPLP kepada Ketua Pelaksana PPLP.

5. Sekretaris

-Membantu Ketua Pelaksana dalam melaksanakan kegiatan PPLP 
-Menyusun dan menyampaikan laporan penyelenggaraan PPLP kepada Ketua Pelaksana PPLP,

BIDANG - BIDANG

1. Bidang Akademik

-Membantu atlet/pelajar dalam pengurusan sekolah; ' Mengawasi kegiatan belajar di sekolah dan asrama; 
-Memfasilitasi atlet/pelajar jika terjadi masalah dalam proses pembelajaran. 
-Melaporkan perkembangan belajar secara periodik kepada Ketua; ' Dalam pelaksanaan tugasnya bertanggungjawab kepada Ketua.

2. Bidang Sarana Prasarana Latihan 
-Menyediakan sarana prasarana latihan 
-Mengurus/mengelola sarana prasarana latihan 
-Menyiapkan peralatan/perlengkapan latihan 
-Menjaga dan memelihara sarana dan prasarana latihan 
-Dalam pelaksanaan tugasnya bertanggungjawab kepada Ketua Pelaksana 
Bidang Umum, Pengawasan dan Kepelatihan

-Pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi perekrutan atlet, pelatih dan asisten pelatih PPLP

-Pengawasan terhadap pelaksanaan program latihan maupun disiplin atlet, pelatih dan asisten pelatih PPLP

3. bidang Umum, Pengawasan dan Kepelatihan

- Pengawasan terhadap pengurus asrama PPLP atas pelayanannya kepada atlet, pelatih/asisten pelatih dan kebersihan asrama

- Mengevaluasi hasil pembinaan dan penyelenggaraan PPLP, baik atlet, pelatih/asisten pelatih maupun pengurus asrama

- Berhak mengusulkan penggantian atlet dan pelatih jika menurut pengamatannya tidak ada peningkatan prestasi

- Berhak mengusulkan penggantian pengurus asrama jika tidak dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh pihak pengelola PPLP

- Membuat laporan dan melaporkan secara berkala minimal 1 (satu) bulan sekali atas perkembangan pelaksanaan kegiatan PPLP baik program yang disampaikan oleh pelatih/asisten pelatih maupun prestasi atlet kepada Ketua Pelaksana

 

4. Kesehatan dan Gizi

-Melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kesehatan fisik atlet PPLP kesehatan tempat penginapan atlet & kesehatan lingkungan asrama PPLP , 

-Melayani Pemeriksaan kesehatan atlet bila terjadi gangguan atau keluhan kesehatan; 
-Mengevaluasi kesehatan atlet PPLP minimal 6 (enam) bulan sekali; 
-Menyusun menu makan sesuai dengan standar gizi atlet /pelajar; 
-Melaporkan secara berkala hasil perkembangan kesehatan atlet PPLP kepada Ketua.

5. Bidang Administrasi dan Umum
-Melaksanakan tugas administrasi kegiatan PPLP 
-Melakukan pendataan pelatih dan atlet/pelajar 
-Dalam pelaksanaan tugasnya bertanggungjawab kepada Ketua Pelaksana

6. Pengurus Asrama 
-Mengelo a akomodasi dan konsumsi
-Menyusun dan mengawasi tata tertib asrama 
-Mengatasi masalah-masalah yang terjadi di asrama 
-Dalam menjalankan tugasnya
-bertanggungjawab kepada Ketua Pelaksana

Selasa 10 April 2018 Pembukaan Kegiatan Pengembangan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaku Olahraga Provinsi Jambi Tahun 2018 di Hotel Royal Garden Resort Jambi yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M. Pd, yang didampingi Kepala Bidang T & O Kepemudaan Keolahragaan dan Kepramukaan Edison, SE, MM serta Ketua KONI Provinsi Jambi dan Ketua panitia Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Irmawati, SE, MM. 


Pengembangan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaku Olahraga Provinsi Jambi Tahun 2018 juga merupakan bagian dari tujuan pengembangan pembangunan Nasional yaitu untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, karena kondisi kesehatan masyarakat yang prima akan dapat menumbuhkan dan memotivasi atlit sehingga pada gilirannya nanti dapat meraih Prestasi sendiri sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang Nomor 3 Tahun 2009 tentang sistem keolahragaan Nasional. 


Disampingkan tujuan pembangunan keolahragaan yangtelah saya sampaikan, bahwa peran pelaku olahraga mempunyai fungsi, antara lain :Sebagai pengarah, pelatih harus senantiasa mengamati dan potensi anaknya, untuk kemudian memberikan arahan yang tepat untuk berlatih hingga bermain secara maksimal. sang pelatih juga dituntut jeli mengamati kelebihan dan kekurangananak-anaknya. Menggelimir kekurangan dan mengembangkan kelebihan- kelebihan mereka.


Sebagai guru, seorang pelatih serta merta menjadi sosok yang digugu dan ditiru. peran ini menuntut kemampuan komunikasi edukatif yang baik agar proses transfer keilmuan berjalan lancar.


Sebagar tempat bertanya (ensiklopedi berjalan), sering terjadi pada pelatihan usia dini, namun dalam kenyataannya bahkanpara pelatih tim senior pun kejadian seperti masih sering terjadi.

Sebagai penguat menntal meski tak harus banyak berkata kata kehadiran seorang pelatih tertentu yang terlihat oleh anakanaknya hadir di sisi lapangan saja sudah mampu memberikan penguatan bagi anak anaknya. Dalam hal ini, sang pelatih adalahjuga menjadi aktor atau jangkar mental bagi anak anaknya. seperti inilah sesunggunya salah satu peran penting seorang pelatih. MTV
#disporajambi 

Minggu Tangga 15 April 2018

 

Mewakili Plt. Gubernur Jambi, Asisten II bidang Kesejahteraan Sosial, Ir. Agus Sunaryo didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M.Pd Menghadiri acara malam final Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)  di Hotel Grand Abadi Jambi dan dari 56 (lima puluh enam) Orang peserta Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018  telah terpilih 2 (dua) Orang Perwakilan untuk Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) sebanyak 1 orang (Putri), Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) sebanyak 1 orang (putra) dan ASEAN- Indica Students Exchange Program (AISEP) sebanyak 1 orang (putra).

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan progam tahunan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dan program pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasarn serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks di masa yang akan datang.

Tujuan kegiatan pertukaran pemuda antar negara ini adalah untuk mempererat persahabatan dan kerjasama pemuda dengan negara sahabat,meningkatkan rasa saling pengertian antara pemuda Indonesia dengan negara sahabat, menciptakan generasi muda yang berwawasan internasional, dan yang paling penting memberikan peluang kepada generasi muda untuk menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dengan negara sahabat.

Program ini sangat membutuhkan keseriusan, mental, fisik dan pengetahuan khususnya mengenai Provinsi Jambi. Seorang duta juga dituntut untuk memiliki talenta dan kemampuan berbahasa inggris untuk dapat berinteraksi di negara luar. Untuk itu para calon tentunya wajib mengetahui seluk beluk baik itu terkait pariwisata, sosial budaya, program pemerintah, bahasa dan lain sebagainya.

 

Seorang yang menjadi duta nantinya diharapkan mampu mewakili Provinsi Jambi dan mempromosikan Promosi Jambi termasuk potensi, budaya pariwisata Provinsi Jambi. Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya Kegiatan Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2018 ini. Saya berharap kegiatan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya pemuda terhadap pentingnya pembangunan yang terus berkesinambungan secara merata, sesuai dengan Visi Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera.

 

Berdasarkan Surat Kementerian Pemuda dan Olahraga nomor 2.28.2/ DI-5/ll/2018 tanggal 28 Februari 2018 perihal Seleksi Calon Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2018 maka Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi mengadakan pemilihan Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) utusan Provinsi Jambi Tahun 2018, dengan tujuan unfuk mendapatkan Calon peserta PPAN yang sehat jasmani dan rohani berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.

Sasaran, Waktu dan Tempat Jumlah Alokasi Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 adalah 3 Negara, yaitu

Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) sebanyak 1 orang(Putri).

Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) sebanyak 1 orang (putra) dan ASEAN- Indica Students Exchange Program (AISEP) sebanyak 1orang (putra).

Untuk Program AISEP pesertanya langsung diambil dari hasil seleksi tahun 2017 yang peserta cadangan, karena permintaan peserta program AISEP kita terima tanggal 27 Maret 2018 sedangkan batas akhir penyerahan berkas peserta tanggal 5 April 2018 jam 12.00 siang lewat dari batas itu berkas tidakdapat diterima lagi.

Sedangkan jumlah Peserta Seleksi Peserta Program PPAN ini diikuti sebanyak 56 (lima puluh enam) Orang peserta. Penyelenggaraan SeleksiCalon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 dilaksanakan dari tanggal 12 s.d 15 April 2018 bertempat di Hotel Royal Garden JIn. Marsda Surya Darma No. 99 Kenali Asam Bawah Kota baru Jambi untuk Babak penyisihan dan Hotel Grand Abadi Jambi pada acara Final.

 

Seleksi Calon Peserta PPAN Provinsi Jambi Tahun 2018 dilaksanakan oleh Tim Seleksi dari Dinas/instansi terkait, yaitu:

1. Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi Jambi.

2. Psikolog Jambi Sedangkan materi seleksi terdiri dari:

- Community Development/ Pemberdayaan Masyarakat

- Bidang Agama

- Bidang Psikologi

- Bahasa Inggris

- Kemampuan Komunikasi (tertulis dan Wawancara)

- Seni Budaya

- Bidang Akademik/Tes Potensi Akademik

 

IDSPORAJAMBIMTV2018

 

Senin, 16 April 2018

Mewakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Kepala Bidang Pemuda, M. Izuddin, SE, M. Si didampingi Kepala Bidang Tenaga dan Organisasi Kepemudaan, Keolahragaan dan Kepramukaan Edison, SE, MAP, Membuka secara resmi Pelatihan Keterampilan dan Wirausaha Muda dengan tema Kita Ciptakan Kemandirian Pemuda Menuju Jambi Tuntas 2021.

Peserta yang mewakili 11 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi berjumlah 45 Orang, Pelatihan Keterampilan dan Wirausaha Muda dengan tema Kita Ciptakan Kemandirian Pemuda Menuju Jambi Tuntas 2021 melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Pemerintah Daerah Provinsi Jambi akan terus mengembangkan potensi Pemuda yang ada di Provinsi Jambi untuk Mengurangi Pengangguran, Penyebab terjadinya pengangguran tersebut lain :

1. Rendahnya daya saing pemuda dalam meraih masa depan.
2. Semakin meningkatnya masalah-masalah
dikalangan pemuda
3. Rendahnya akses dan kesempatan pemuda memperoleh pendidikan dan keterampilan
4. Makin terbatasnya peluang dan kesempatan kerja sebagai akibat rendahnya kompetensi dan sumberdaya manusia
pemuda Indonesia serta tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja

Oleh karena itu pemuda Indonesia perlu diberdayakan secara optimal agar memiliki keunggulan daya saing dan keterampilan yang memadai dan pada akhirnya mampu
memberikan kontribusi yang nyata terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

1. Perlunya memberikan dukungan yang positf di kalangan muda dalam mengapresiasikan dirinya sesuai dengan
minat dan bakat yang dimiliki.
2. Perlunya revitalisasi/perubahan entang semangat nasionalisme religius dan wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda.
3. Perlunya antisipasi dan penanganan yang serius dari tindakan dan perbuatan generasi muda kearah yang negatif dan menyimpang dari aturan, norma-norma dan adat istiadat yang berlaku seperti penyalahgunaan obat
obatan terlarang, narkoba dan zat adiktif lainnya.
4. Perlunya upaya dalam pengembangan jiwa kewirausahaan dan kemandirian dikalangan pemuda tanpa ketergantungan dengan orang lain
5. Perlu meningkatkan IPTEK dan IMTAQ di kalangan generasi muda dalam menghadapi persaingan global dan tingkat perkembangan limu Pengetahuan yang semakin maju.

DisporajambiMTV