Bagaimana persiapanmu untuk menjadi the next Youth of Tomorrow? Kini saat nya kamu buktikan persiapan itu dengan mengikuti Seleksi PPAN Provinsi Jambi

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) PPAN merupakan program yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan berbagai negara di dunia. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, melalui Dinas Pemuda Olahraga di tiap provinsi dan organisasi alumni peserta yaitu  Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) masing-masing yang bertindak sebagai panitia pelaksanaan program ini. Proses seleksi dimulai dari seleksi berkas (administrasi), seleksi tulis, seleksi wawancara hingga proses karantina.

Tujuan dari kegiatan PPAN ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda di Indonesia berinteraksi dengan generasi muda dari negara lain serta mengunjungi negara-negara tersebut untuk melihat perkembangan dari negara lain  serta menjalin hubungan yang baik di antara mereka. Peserta yang terpilih mendapat tugas dan tanggung jawab yang cukup besar karena akan mewakili provinsi masing-masing daerah menjadi duta negara di luar negeri oleh karena itu penyeleksian PPAN harus dilaksanakan secara baik dan profesional hingga mampu memilih generasi terbaik dari tiap provinsi. Hal penting lain dari kegiatan ini adalah setelah selesai mengikuti program, para peserta harus mampu memberikan sumbangan kegiatan atau pemikiran untuk kemajuan daerah masing-masing sesuai dengan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh saat mengikuti program.

penyeleksian PPAN ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu:

  1. Tahap pertama (pemeriksaan kelengkapan administrasi)Di tahap ini, seluruh peserta yang mendaftar akan mengikuti seleksi administrasi. Setelah semua dokumen dinyatakan valid dan lengkap, panitia akan mengumumkan peserta mana saja yang berhak untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya.
  2. Tahap kedua (tes tertulis)Peserta akan mengikuti tes tertulis di berbagai bidang seperti bahasa Inggris, komunikasi, agama, pengetahuan umum (daerah, nasional, dan internasional), psikologi, dan seni budaya.
  3. Tahap ketiga (wawancara)Dari seluruh peserta yang mengikuti tes tahap kedua, akan dijaring 40 peserta yang akan mengikuti tes wawancara ini. Di tes wawancara ini peserta kembali akan diuji secara lisan dan lebih mendalam di bidang bahasa Inggris, komunikasi, agama, pengetahuan umum (daerah, nasional, dan internasional), psikologi, dan seni budaya.
  4. Tahap keempat (final dan pendalaman) Dari 40 peserta, 15 besar akan dipilih untuk mengikuti seleksi tahap akhir. Di tahap ini, seluruh peserta akan mendapatkan pembekalan materi dari nara sumber berbagai bidang seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, PCMI, Dinas Pemuda dan Olahraga, Departemen Agam dan lain-lain. Peserta juga akan mengikuti tes pendalaman diskusi dan seni budaya. Di malam final yang akan di adakan tanggal 16 April di Mall WTC Batanghari, seluruh peserta akan mengikuti tes akhir yaitu tes unjuk bakat dan menjawab pertanyaan langsung dari juri-juri kompeten seperti Gubernur Provinsi Jambi, perwakilan Kemenpora Republik Indonesia, Dispora Provinsi Jambi, PCMI, dan tokoh masyarakat Jambi. Ketiga peserta yang terpilih akan langsung diumumkan saat itu.

 persyaratan sebagai berikut:

- Fotokopi ijazah SMA/S1 
- Surat keterangan aktif kuliah bagi mahasiswa atau surat keterangan bekerja bagi yang sudah bekerja 
- Fotokopi akte kelahiran (1 lbr) 
- Fotokopi KTP (1 lbr) 
- Fotokopi passport (disertakan jika ada) 
- Fotokopi SKCK terbaru 
- Fotokopi sertifikat uji kompetensi bahasa Inggris, bisa salah satu dari: TOEFL PBT (Skor Min. 450), CBT (Skor Min. 133), IBT (Skor Min. 45), IELTS (Skor Min. 4,0)
- Pas foto warna 3x4 (3 lbr) 
- Surat keterangan kesehatan

Masukkan kedalam MAP BIRU (untuk peserta perempuan) dan MAP MERAH (untuk peserta laki-laki).

*Note 
- Kisaran umur peserta adalah 20 - 30 Tahun 
- Belum pernah menikah 
- Berkas dikirimkan ke kantor DISPORA pada jam kerja. Alamat: Jln. Letkol Slamet Riyadi, No. 54, Broni, Jambi 36124

Pendaftaran di buka 20 Maret s/d 13 April 2017

PESERTA TERBATAS HANYA 80 orang!!!!

Ayo mendaftar dan jadilah duta bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional!

Sejarah menunjukan bahwa pemuda memainkan peranan penting dalam puncak sejarah bangsa, mulai dari terciptanya “Maha Karya” Sumpah Pemuda, teks kemerdekaan proklamasi sampai dengan reformasi yang memperbaiki tatanan demokrasi.

Pemuda sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan dan penggerak pembangunan bangsa, saat ini telah dan akan selalu mengawal pembangunan yang dibarengi dengan kesadaran dalam bertindak dalam mengisi makna kemerdekaan sesuai dengan cita-cita luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) atau pun bentuk organisasi yang mencerminkan nama serupa seperti Ikatan Alumni Kapal Pemuda Nusantara dari angkatan 2003 s.d 2017 yang berada seantero nusantara ini adalah sumber potensi besar yang mampu mengerakkan jiwa-jiwa nasionalisme pemuda dalam membangun potensi daerah, baik laut, daratan maupun pesisirnya.

Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) merupakan sebuah wadah bagi para alumni atau purna program Kapal Pemuda Nusantara. Lembaga yang telah di sahkan pada Tahun 2010 ini, dengan nomor akta notaris tersebut, bertujuan untuk menyatukan, menyalurkan, dan mengembangkan potensi-potensi para alumni yang dapat memajukan berbagai sektor kemaritiman serta pengembangan karakter bangsa melalui pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan kebaharian.

Melihat realitas pembangunan bangsa yang belum tergarap dan berdaya saing tinggi saat ini, menuntut peran serta stakeholder pemuda untuk memajukan serta membuka peluang baru dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta membantu pembangunan bangsa secara umum yang akan dilakukan dalam hal membentuk kelembagaan, menguatkan jejaring organisasi dan merintis serta melanjutkan program demi kepentingan nasional secara keseluruhan.

Kapal Pemuda Nusantara adalah salah satu program rutin tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk mengikursertakan para pemuda berlayar ke beberapa pulau di Indonesia.

Pada tahun 2017 ini, jalur pelayarannya adalah sekitar Pulau Sabang dengan tema “Sail Sabang 2017”. Adapun pemuda yang berhak mengikuti program ini adalah perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi bersama Dewan Pengurus Daerah Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (DPD KAKPN JAMBI) menyelenggarakan Seleksi Kapal Pemuda Nusantara 2017 untuk memilih wakil pemuda Provinsi Jambi yang akan diikutsertakan dalam Sail Sabang 2017.

dan pada tanggal 22-23 Mei kemaren telah melaksanakan Seleksi Calon Peserta kapal Pemuda Nusantara Sail Sabang 2017 bertempat di Hotel Mega Indah Telanaipura, dan dengan Jumlah Peserta sebayak 26 Orang, 11 Cowok dan 15 Cewek dan tes yang di laksanakan adalah tes Pengetahuan, Kesenian dan Kepemimpinan ditambah tes fisik berenang dan mengapung.

peserta yang akan dikirim ke Ke Sail Sabang 2017 ada 3 (tiga) Orang dua orang Putra dan Satu Putri, Mereka nantinya akan di latih untuk menguasai seni budaya Provinsi Jambi untuk membawa nama Provinsi Jambi di kanca Nasional.

diacara puncak Sail Sabang 2017 akan dihadiri oleh Presiden RI dan Undangan dari seluruh Kab/Kota yang ada di Indonesia, Gubernur seluruh Provinsi yang ada di Indonesia dan Undangan dari Negara lain. Untuk Pengumuman Hasil Seleksi Sail Sabang akan diumumkan Ahir Mei 2017 diwebsite Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi serta di Media Sosial KAKPN Provinsi Jambi.

Tegaknya Negara Republik Indonesia yang di Proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, adalah berkat Perjuangan Para Pahlawan Kusuma Bangsa yang pada waktu itu masih tergolong usia muda yang berani berjuang menentang dan mengusir kaum penjajah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Mereka rela berkorban dan berjuang tanpa pamrih, dengan  bermodalkan semangat, persatuan dan kesatuan  serta dengan menggunakan peralatan yang amat sederhana untuk berjuang dan mencapai cita-cita Indonesia merdeka.

 

Sekarang kita sebagai generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa wajib meneruskan cita-cita perjuangan mereka dengan mempertahankan dan mengisi pembangunan di segala bidang dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Banyak cara yang dapat kita lakukan terutama oleh generasi muda dalam rangka menghargai dan melanjutkan cita-cita luhur perjuangan  para pahlawan antara lain dengan mengingat dan menelusuri kembali kisah/sejarah perjuangan  mereka dengan melaksanakan route Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2017 di Kabupaten Batanghari

 

Adapun yang melatar belakangi diadakannya kegiatan  ini adalah :

  1. Menurunnya semangat Nasionalisme dan jiwa kepahlawanan di kalangan Generasi Muda.
  2. Rendahnya motivasi dan etos kerja di kalangan Generasi Muda.
  3. Perlunya pelestarian nilai-nilai  45 dan semangat kepahlawanan kepada seluruh komponen dan lapisan masyarakat.

 

2.            Dasar Penyelenggaraan

  1. Undang – Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan
  2. DPA SKPD Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Nomor 1.18.01.16.11.5.2 tanggal 20 Januari 2017.

 

 

3.            Maksud dan Tujuan

Tujuan yang di harapkan dari Pelaksanaan Napak Tilas Jejak Pahlawan  Provinsi Jambi Tahun 2017 antara lain :

  1. Meningkatkan semangat Nasionalisme dan Jiwa Kejuangan Generasi Muda untuk berpartisipasi dalam pembangunan.
  2. Menanamkan Nilai-nilai Kepahlawanan di kalangan Generasi Muda sebagai upaya meningkatkan  motivasi dan etos kerja.
  3. Mengenal lebih dekat akan perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan  Kemerdekaan Republik Indonesia khususnya di Provinsi Jambi.

4.            Sasaran

Kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi akan di ikuti oleh Generasi Muda yang tergabung dalam OKP/Ormas/Menwa/ Mapala/Karang  Taruna dan Pramuka dengan jumlah peserta sebanyak 110 (seratus sepuluh) orang, setiap Kota/Kabupaten mengirimkan 1 (satu) regu 10 (sepuluh) orang.

 

Adapun syarat Peserta :

  1. Pria/Wanita usia 16 – 30 Tahun.
  2. Belum pernah mengikuti kegiatan Napak Tilas sebelumnya
  3. Sehat Jasmani dan Rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter.
  4. Sanggup melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2016.
  5. Membawa perlengkapan sehari-hari seperti pakaian harian, Training, perlengkapan sholat dan sebagainya.
  6. Utusan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), Ormas, Mapala, Menwa, Karang Taruna, Pramuka, OSIS.
  7. Transportasi peserta dari Ibukota Kabupaten masing masing ke Kota Bangko Kabupaten Merangin ditanggung oleh panitia.

 

5.            Route Napak Tilas

Route Napak Tilas jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2017 di Kabupaten Batanghari

 

1.            Waktu dan Tempat Pelaksanaan

a.   Waktu

Kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Bagi Generasi Muda Tingkat Provinsi Jambi akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari  dalam satu upacara pelepasan peserta oleh Bapak Gubernur Jambi.

 

b.  Tempat

Peserta diterima pada Tanggal 01 Mei 2016 di Lapangan Kantor Bupati Merangin Jam 08.00 – 14.00 WIB selanjutnya peserta akan dibawa ke Basecamp Pertama di Desa Muaro Madras

 

2.            Penilaian

Selama pelaksanaan kegiatan napak tilas jejak pahlawan bagi generasi muda tingkat Provinsi Jambi akan dinilai Dewan Juri yang terdiri dari TNI dan DISPORA dengan Kriteria Penilaian antara lain :

-              Keutuhan Regu

-              Keserasian

-              Kreatifitas

-              Semangat

 

Pemenang akan diumumkan pada penutupan kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Bagi Generasi Muda Tingkat Provinsi Jambi dan akan diberikan hadiah :

 

Juara I                   : Piala dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.250.000,-

Juara II                  : Piala dan Uang Pembinaan sebesar  Rp. 1.000.000,-

Juara III                : Piala dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 750.000,-

Harapan I             : Piala dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 750.000,-

 

Ket                         : Setiap hadiah akan dipotong pajak  Sebesar 5%

 

3.            Peraturan dan Tata Tertib

  1. Peraturan :

-          Setiap peserta harus melewati rute yang telah ditentukan panitia dari start sampai finish

-          Sepanjang rute napak tilas, peserta diperkenankan melakukan gerak, bernyanyi dsb, dengan prinsip tidak mengganggu peserta lain dan tidak mengandung unsur SARA.

-          Penilaian dilaksanakan oleh Dewan Juri di sepanjang rute dari start sampai finish

-          Penentuan    Pemenang   /   Juara     berdasarkan komulatif nilai seluruh Dewan Juri menurut nilai      tertinggi

-          Keputusan Dewan Juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

-          Hal-hal yang belum diatur akan diatur kemudian oleh Panitia

 

b. Tata Tertib :

-          Peserta dilarang membawa benda-benda yang membahayakan diri sendiri/orang lain.

-          Peserta dilarang membuat keributan dan atau melakukan tindakan provokasi

-          Peserta yang dengan sengaja membuat keributan/provokasi akan dikenakan diskualifikasi

 

4.            Program Kegiatan

 

Selama pelaksanaan Napak Tilas berlangsung terutama di tempat Base Camp bersama masyarakat terdapat berbagai kegiatan antara lain :

-              Ceramah / Diskusi / Dialog

-              Bakti Masyarakat (Gotomg Royong)

-              Hiburan

-              Olahraga

-              Dan lain-lain yang dianggap penting.

 

5.            Perlengkapan Peserta

Untuk menunjang terlaksananya pelaksanaan Napak Tilas Jejak Pahlawan kepada seluruh peserta akan diberikan perlengkapan berupa :

a. Ransel                           : 1 Buah

b. Tas Pinggang                 : 1 Buah

c. Baju Kaos                      : 2 Lembar

d. Tanda Pengenal            : 1 Buah

e. Piagam Penghargaan     : 1 Lembar.

f. Training Spark                : 1  Stel.

g. Handuk Kecil                 : 1  Lembar

h. Topi Rimba                   : 1  Buah

i,  Blok Note                     : 1  Buah

j.  Pulpen                         : 1  Buah

 

6.            Pembiayaan

Seluruh biaya pelaksanaan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2016 di Kabupaten Merangin di bebankan pada Anggaran Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi.


Ayo Olahraga – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jambi Wahyudin, menemui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta di Kemenpora, Senin (10/4/2017). Pertemuan keduanya membicarakan perhelatan Ayo Olahraga untuk Provinsi Jambi.
“Iya betul, kami datang terkait program Ayo Olahraga tersebut. Selain itu, intinya juga kami bersama Bapak Deputi membicarakan soal mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” tutur Wahyudin.


Menurutnya, perihal memasyarakatkan olahraga, erat kaitannya dengan dengan panji olahraga yang harus dihidupkan lagi. Di mana, mendorong masyarakat untuk gemar berolahraga yang kemudian masyarakat itu memahami pentingnya berolahraga.
Kemudian, kata dia, terkait perhelatan Ayo Olahraga seperti Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa yang dibicarakan itu, pihaknya masih belum bisa berbicara soal rencana dan teknisnya. “Kami akan melakukan koordinasi lebih dahulu dengan pihak terkait kabupaten/kota, apa yang potensial diusung,” ujarnya.


Namun Wahyudin menilai, perhelatan Gowes Pesona Nusantara tidak hanya menggerakan masyarakat untuk berolahraga. Istimewa lebih dari itu adalah momentum untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah seperti wisata, seni, dan budaya.
“Kemudian untuk Gala Desa, mengajak masyarakat-masyarakat desa untuk berolahraga, itu yang perlu,” ucapnya.


Lebih lanjut, dia mengatakan potensi wisata yang bisa dilewati untuk Gowes Pesona Nusantara di Provinsi Jambi sebetulnya banyak, seperti Kercini dan Candi Muara Jambi. Sayangnya, hal itu belum tentu dilewati.


“Karena masih perlu koordinasi saat rapat koordinasi. Minggu depan kami lakukan rakornya. Tetapi kalau dari Batang Hari, kita bisa lewati Muara Jambi, bisa melewati Candi,” kata Wahyudin.
Wahyudin juga menegaskan, pihaknya akan memfokuskan kedua perhelatan nasional dalam payung Ayo Olahraga yaitu Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa untuk Provinsi Jambi. Bahkan, kata Wahyudin, pihaknya akan mengusahakan Jambi lebih meriah dari provinsi atau kabupaten/kota lain di Indonesia.


“Kita akan usahakan lebih meriah dari provinsi atau kabupaten/kota lain. Karena kalau boleh jujur gubernur kita kalau bicara olahraga, siap untuk itu,” ucapnya semangat.
Ayo Olahraga!

Pembangunan bidang kepemudaan dan keolahragaan adalah bagian integral dari pembangunan nasional, oleh karena itu tujuan pembangunan bidang kepemudaan dan keolahragaan juga merupakan bagian dari tujuan pembangunan nasional yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Melalui bidang kepemudaan agar pemuda kelak dapat menjadi warga Negara yang baik dan di landasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga Negara maupun sebagai makhluk Tuhan yang selalu menjunjung tinggi supremasi hukum dalam menegakkan demokrasi, dengan demikian akan terwujudlah suatu kondisi masyarakat Indonesia yang rukum, aman dan damai yang saling harga menghargai sesama anak bangsa, inilah tujuan yang hakiki dari pembangunan bidang Kepemudaan.

Melalui bidang Keolahragaan agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kondisi kesehatan masyarakat yang prima akan dapat menumbuhkan motivasi kerja dan produktivitas kerja yang tinggi yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Bapak – bapak dan saudara – saudara yang saya hormati

Disamping tujuan pembangunan bidang kepemudaan dan keolahragaan yang telah saya sampaikan, bahwa peran kepemudaan dan keolahragaan mempunyai fungsi dan peran dalam pembangunan, dilihat dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia baik pada masa penjajahan maupun pada sesudah penjajahan, pemuda selalu berada di barisan paling depan sebagai ujung tombak perjuangan, seperti Budi Utomo, Sumpah pemuda pada masa penjajahan kolonial, kemudian pada alam kemerdekaan seperti menumbangkan rezim orde lama (PKI 1965) dan menumbangkan Orde Baru pemuda selalu di barisan depan sebagai ujung tombak perjuangan karena mereka lah pewaris perjuangan yang melanjutkan tongkat estafet pembangunan bangsa, diatas pundak merekalah masa depan bangsa.

Demikian pula fungsi dan peranan olahraga dalam pembangunan antara lain :

-              Olahraga sebagai alat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa atau dengan kata lain olahraga berfungsi sebagai lem perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

-              Olahraga sebagai alat atau sarana pendidikan untuk menanamkan disiplin atau meningkatkan disiplin, karena berolahraga dengan mengabaikan aturan – aturan dan peraturannya akan dapat mencelakakan, oleh karena itu olahraga merupakan sarana yang baik untuk membentuk karakter bangsa (Nation character Building)

-              Olahraga juga merupakan sarana / jembatan untuk menjalin persahabatan antar bangsa

-              Olahraga juga dapat menjadi sarana untuk promosi daerah.

Bapak – bapak dan saudara peserta Rapat koordinasi program pembangunan kepemudaan dan keolahragaan daerah Jambi yang saya hormati.

 

Apa yang telah di sampaikan tadi saya harapkan dapat membuka cakrawala / wawasan saudara pada saat diskusi nanti, sehingga Rapat koordinasi program ini dapat menghasilkan program – program pembangunan kepemudaan dan keolahragaan yang benar – benar menyentuh kehidupan dunia kepemudaan dan keolahragaan di daerah Jambi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

SELEKSI PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA (PPAN) TAHUN 2017

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2017 adalah
merupakan salah satu Program Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik
Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah
merupakan Negara Kepulauan yang memiliki keberagaman Suku, Etnis,
Agama, Adat Istiadat dan Budaya


Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2017 adalah merupakan
ajang untuk menggali potensi kader Pemuda di Daerah sekaligus potensi Kader
Pemuda Nasional. Program ini merupakan kegiatan strategis dalam rangka
menjalin persahabatan dan saling pengertian antar Pemuda kedua Negara
dalam berbagai aspek kehidupan.


Kegiatan ini juga merupakan suatu wahana bagi Pemuda untuk
memperluas wawasan dan cara berfikir baik dalam pergaulan di antara para
Pemuda Indonesia maupun dalam pergaulan Pemuda antar Negara dalam
kerangka kerjasama Internasional. Setelah selesai mengikuti Program PPAN ini
dan kembali ke daerah diharapkan Peserta tersebut dapat men
gaktualisasikan


apa yang telah mereka peroleh dari kegiatan dimaksud melalui "Post Program
Activity" (PPA) dalam rangka membangun Kepemudaan Daerah dan Nasional
Provinsi Jambi melalui Dinas Kepemudaan dan olahraga sebagai
Stakeholder di Daerah telah melaksanakan Proses Seleksi Pertukaran Pemuda
Antar Negara (PPAN) Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jambi.


B. DASAR PENYELENGGARAAN


a. Surat Keputusan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi
Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Panitia, Tim seleksi dan Tim
Juri pada Kegiatan seleksi calon Peserta Pertukaran Antar Negara (PPAN
Provinsi Jambi Tahun 2017
b. Surat Kementerian Pemuda dan olahraga Republik Republik Indonesia
Nomor 2.23,7/SET DII-s/m/2017 Tanggal 23 Februari 2017 Perihal seleksi
Calon Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2017.

C. MAKSUD DAN TUJUAN


Maksud dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah dalam rangka
memilih calon Peserta Pertukaran Antar Negara (PPAN Tahun 2017 utusan
Provinsi Jambi, dengan tujuan agar mendapatkan Calon Peserta PPAN yang
Sehat Jasmani dan RohaniMemiliki Kompetensidan Berintegritas serta
Berkepribadian Baik dan Berahklak Mulia.


D. SASARAN, WAKTU DAN TEMPAT


Jumlah Alokasi Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)
Tahun 2017 adalah sebagai berikut
1. Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA) Putra Usia 21-25 Tahun
2. Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) Putri Usia 23-27 Tahun
3. Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan (PPI-Kor) Putra Usia 18-24
Tahun


Adapun untuk jumlah peserta Calon Pertukaran Pemuda Antar Negara
Tahun 2017 ini diikuti sebanyak 93 (sembilan puluh tiga) orang.

Yang telah diselenggarakan dari tanggal 21 s d 24 April 2017, bertempat di wiltop Hotel
Jambi dan Hall WTC Batanghari Jambi pada acara malam Final.
Dari hasil seleksi malam final yang telah dilaksnakan pada tanggal 24
April 2017, telah terpilih 3 (tiga) orang Finalis sebagai berikut

 

1. Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPI-A)

Nama : Zidni Ma'ruf

Tempat/Tgl Lahir : Jambi, 25 Agustus 1995

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Alamat : Jln. KH. M. Zuhdi (Kel Olak Kemang (Kec).
   Danau Teluk Kota Jambi.

 

2. Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan (PPI-Kor

Nama : Safrun Robiallah

Tempat/Tgl Lahir : Sarolangun, 24 Juni 1995

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Alamat : Perumahan Mendalo Asri Jaluko) Ma Jambi

 

3. Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPI-M)
Nama : Yossy Delfitri

Tempat/Tgl Lahir :  Jambi, 18 November 1992

Jenis Kelamin : Perempuan13

Alamat : Jln. Marsda Surya Dharma RT. 14 No. 


E. TITM DAN MATERI SELEKSI
seleksi calon Peserta PPAN Provinsi Jambi Tahun 2017 ini dilaksanakan
oleh TIM yang terdiri dari:


1. Dinas Kepemudaan dan olahraga Provinsi Jambi.
2. Universitas Jambi
3. Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI Jambi
Adapun untuk materi seleksi terdiri dari
1. Community Development (Pemberdayaan Masyarakat
2. Bidang Agama
3. Bidang Psikologi
4. Bahasa Inggris
5. Kemampuan Komunikasi
6. Seni Budaya
7. Bidang Akademik/Tes Potensi Akademik

Gubernur Jambi Zumi Zola mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Jumlah anggota Paskibraka Provinsi Jambi yang dikukuhkan sebanyak 56 orang yang terbagi dua group, yaitu Group Merah dan Group Putih.  Acara pengukuhan anggota Paskibraka ini dilaksanakan di rumah dinas gubernur Jambi di kawasan Ancol, Jumat (12/8/2016) sekitar pukul 19.30 WIB.

Acara diawali dengan pengantar pengukuhan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Drs Satria Budhi, MM. Pengukuhan dilakukan oleh Gubernur Jambi Zumi Zola dengan ditandai pembacaan Ikrar Putra Putri Indonesia yangdiikuti oleh seluruh anggota Paskibraka. Salah seorang menjadi wakil anggota Paskibraka mencium bendera saat pembacaan ikrar.

Setelah pembacaan ikrar, gubernur dan sejumlah pimpinan daerah memasangkan kendit di pinggang para anggota Paskibraka.Dalam sambutannya, Zola meminta agar seluruh anggota Paskibraka mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melaksanakan pengibaran maupun penurunan bendera merah putih pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)Kemerdekaan ke-71 RI pada  17 Agustus 2016 nanti. 

Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jambi Drs. H. Wahyudddin M.Pd, Selasa malam (2/5), membuka secara resmi pelaksanaan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2017, bertempat di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Kota Jambi.

Dalam sambutannya Drs. H. Wahyuddin M.Pd menyampaikan, ditengah-ditengah kehidupan masyarakat kita saat ini penghayatan dan penghormatan terhadap Sang Merah Putih semakin pudar dan menipis.

Hal ini terlihat dari tata krama saat penggunaan Sang Merah Putih yang sudah tidak sesuai dengan jiwa dan nilai-nilai yang terkandung pada Bendera Kebangsaan sebagai simbol lambang Negara Republik Indonesia.

Ini semua disebabkan karena sebagian masyarakat kurang menghormati dan tidak memahami akan arti serta makna Sang Merah Putih yang diperjuangkan dengan tetesan air mata, darah, dan nyawa untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, ujar Wahyuddin.

“Untuk itu, perlu dilakukan upaya pembinaan bagi seluruh lapisan masyarakat dan komponen Bangsa terutama membangun kembali Nation Caracter Building (Pembangunan Jiwa Bangsa). Salah satunya dengan menyelenggarakan seleksi dan pemilihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), jelasnya.

Wahyuddin juga menyampaikan, dalam pelaksanaan seleksi Paskibraka Tahun 2017 ini, agar Tim Work untuk mengikuti sesuai aturan yang berlaku.

“Jangan ada interpensi dari pihak manapun, kita tidak ingin terulang pada beberapa tahun yang lalu, saat mengirim utusan ke Tingkat Nasional semuanya pulang”, tegas Wahyuddin.

Ketua panitia acara seleksi Paskibrakan Tahun 2017, Mumtaz Mona S.Pd dalam laporan sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan calon Paskibraka yang sehat jasmani dan rohani, berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.

Mumtaz menjelaskan, calon Paskibraka yang mengikuti seleksi ini adalah siswa-siswa SMA, SMK, MAN dari Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, dengan jumlah 100 orang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 2-5 Mei 2017. Diisi dengan berbagai materi, seperti pengetahuan umum, kesenian, psikotes dan wawancara, kesehatan, Kepramukaan, Bahasa Inggris, fisik dan jasmani, serta pelatihan baris-berbaris oleh Tim Seleksi dari Dinas/Instansi terkait, tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Jambi atau yang mewakili, Korem 042/Gapu atau yang mewakili. Selain itu, Kepala Bidang, Kasi atau Kasubbag dilingkungan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, serta para tamu undangan lainnya. (Nai)

Sumber : http://jambicenter.com

 

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi bekerja sama dengan Korps ALumni Kapal Pemuda Nusantara Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Seleksi Peserta Kapal Pemuda Nusantara Provinsi Jambi.

Program ini memberikan kesempatan kepada Pemuda dan Pemudi di seluruh Indonesia untuk melakukan program pelayaran yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Beberapa aspek yang akan diangkat untuk diperkenalkan kepada para pemuda peserta KPN berupa potensi kekayaan sumber daya kelautan, mantra laut sebagai media penghubung dan komunikasi, sektor industri dan jasa maritim dan wirausaha berbasis kelautan. 
Dengan tujuan pelayaran “Sail Sabang 2017”, Delegasi KPN ke-9 ini diharapkan akan dapat membawa kembali semangat bahari dan memperkenalkan semangat Provinsi Jambi dikancah nasional maupun internasional. Untuk tahun 2017 ini, Seleksi Delegasi KPN “Sail Sabang 2017” berupa seleksi 
  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi wawancara/keterampilan seni budaya dan 
  3. Seleksi fisik/renang 

Selama program berlangsung peserta akan mendapatkan paparan mengenai topik terkait, character building, aksi pengabdian masyarakat dan menghadiri acara puncak Sail Sabang dengan tugas menyambut kehadiran Presiden dan jajaran menterinya. Seleksi Kapal Pemuda Nusantara Sail Sabang 2017.

Daerah  resmi dibuka! Pendaftaran pada 02 - 15 Mei 2017. 

Persyaratan Calon Peserta : 

  1. Pemuda/pemudi Provinsi Jambi usia 18-25 tahun 
  2. Pendidikan minimal SMA/sederajat
  3. Belum menikah 
  4. Sehat jasmani rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter/pemerintah setempat.
  5. Memahami dan memiliki pengetahuan kebaharian, pariwisata, seni budaya Provinsi Jambi.
  6. Surat keterangan bebas narkoba/minuman keras dan zat terlarang lainnya dari BNN Provinsi.
  7. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK dari pejabat berwenang.
  8. Diutamakan Pemuda yang berprestasi, dari Unsur Satuan Tugas Organisasi Kepemudaan, (OK), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Resimen Mahasiswa (MENWA), Pramuka, Pemuda Pondok Pesantren/Seminar, Tingkat Provinsi/Kab/Kota dan mendapat Rekomendasi dari Ketua dan Sekretaris yang bersangkutan.
  9. Tidak merokok 
  10. Mampu berkomunikasi dengan baik 
  11. Memiliki kemampuan individu yang dapat diintegrasikan dalam kerja tim maupun antar tim 
  12. Bersedia mentaati peraturan dan mengikuti tahapan seleksi 
  13. Bisa berenang 
  14. Memiliki motivasi kuat mengikuti program 
  15. Tinggi Putri 155 cm dan 45 kg, Putra 160 cm dan 50 kg.
  16. Mengikuti Semua akun Media Sosial Kemenpora dan KAKPN Provinsi Jambi.


Persyaratan Administrasi : 

  1. Fotocopy KTP yang masih berlaku;
  2. Izin tertulis dari orang tua/wali bermatrai;
  3. Fotocopy Ijasah Terakhir;
  4. Fotocopy SKCK;
  5. Surat Keterangan Izin cuti bagi mahasiswa dan pelajar;
  6. Sehat dari dokter;
  7. Curriculum Vitae (CV) Fotokopi sertifikat/piagam yang dimiliki;
  8. Motivation Letter;
  9. Membuat Makalah mengenai Potensi Kebaharian/ Kelautan peserta, dengan persyaratan : minimal 10 halaman, kertas ukuran A4 dengan Spasi 1/1/2 Ukuran dan font 12 Times New Roman, makalah dikumpul pada registrasi.
  10. Mebawa Buku tentang kemaritiman /Kepemudaan yang anti akan disumbangkan; 
  11. Pas foto terbaru 3X4 (5 lembar) 
  12. Dikumpulkan menggunakan stopmap biru (putra) dan merah (putri)
Pendaftaran Peserta 
Setiap Hari : Kerja Senin - Jumat 
Pukul : 08.00 WIB - 15.00 WIB 
Tempat : Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Cq. Bidang Pemuda

Jl. Letkol Slamet Riyadi No. 54, Broni Jambi, depan Shang Ratu Hotel, samping Bank Batanghari. 
Kontak Person     : KAKPN PROVINSI JAMBI
Instagram           : KAKPN JAMBI

Plt. Kadispora Provinsi Jambi, Drs. H. Wahyuddin,M.Pd menerima kunjungan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Jambi, Dra. Hj Juniwati T Masjchun Sofwan,SH beserta rombongan. Kamis,pagi (30/03/2017) Raja Habibie Nasuton

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi didampingi Staf Khusus Olahraga Taufik Hidayat, Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Marheni Dyah Kusumawati dan Sesdep Bidang Pembudayaan Olahraga Bambang Laksono hari Kamis (27/4) siang menerima kunjungan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli yang hadir bersama Kadispora Jambi Wahyudin dan Kabag Penghubung Jambi di Jakarta Amidy di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta.
Kepada Menpora, Zumi bermaksud untuk meningkatkan prestasi olahraga di provinsi yang dipimpinnya dengan dibangunnya sport center. "Antusias olahraga di Jambi khususnya anak mudanya sangat luar biasa, di PON kami fokus di cabang dayung karena kami memiliki daerah pesisir di dua kabupaten dan banyak bakat lahir dari sana," ujarnya.
Pihaknya mengajukan dukungan kepada Kemenpora agar dapat dibangun sebuah sport center. "Kami telah memiliki lahan untuk sport center pak seluas 100 ha di Kabupaten Muara Jambi dan dapat dikembangkan hingga 500 ha tetapi kami juga telah menganggarkan dari APBD kami," tambahnya.
Menpora menyampaikan, Kemenpora berkewajiban mendorong setiap kabupaten/kota untuk memiliki olahraga unggulan yang prioritas. "Mungkin dayung salah satunya untuk jangka panjang nantinya dapat disesuaikan memang GOR dan Stadion mutlak dimiliki sebagai pemenuhan olahraga unggulan di provinsi atau kabupaten/kota," ucap Menpora.
"Dengan anggaran APBN yang sangat terbatas kami saat ini sedang fokus ke persiapan Asian Games 2018, yang paling mungkin adalah dengan BUMN sesuai keputusan Rapat Terbatas dengan Presiden, silakan dengan berkirim surat ke Presiden tentang sport center, stadion dan sebagainya tetapi harus direncanakan menjadi yang terbaik dan skala internasional, kalau yang seperti revitalisasi lapangan desa bisa melalui kami," urai Menpora menambahkan.
Usai menerima kunjungan Gubernur Jambi di tempat yang sama Menpora juga menerima kunjungan silaturahmi Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba yang juga hadir bersama Kadispora Halsel Nur Kamarulloh dan Kabag Humas Mujiburahman. Bupati Kasuba memastikan kepada Menpora bahwa Halmahera benar menjadi tuan rumah Liga Santri Nasional.
"Kami memastikan bahwa Halmahera benar menjadi tuan rumah Liga Santri dan kami siap juga Gowes Pesona Nusantara juga kami siap di samping kami mohon untuk revitalisasi GOR kami," ucap Bahrain.
Menpora mengucapkan pihaknya sebenarnya ingin berbuat banyak dan memberikan yang terbaik tetapi tidak sebanding dengan anggaran yang kami miliki. "Dana insfrastruktur yang kami miliki tidak lebih dari Rp 200 miliar yang harus di sebar ke seluruh Indonesia, Rp 150 miliarnya untuk revitalisasi lapangan desa, tetapi 2018 akan di cover oleh dana desa sehingga nanti bisa untuk space stadion dan GOR," ucap Menpora. (ben)

Gubernur Jambi yang dalam hal ini diwakili Plt.Sekda Provinsi Jambi, Selasa (16/5), memimpin Upacara Pembukaan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi Tahun 2017. Acara tersebut dilaksanakan di GOR BSC Kabupaten Batanghari.

Turut hadir pada upacara Pembukaan Napak Tilas Provinsi Jambi tersebut Bupati Batanghari,Ir.H.Syahirsyah,Sy, Plt.Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Plt.Drs.H.Wahyuddin,M.Pd.I, Forkompinda, Para Kepala OPD, serta para tamu undangan lainnya

 

Gubernur Jambi, dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekda Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka mengenang kembali sejarah dan jejak perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perjuangan.

Kegiatan Napak Tilas Jejak Pahlawan Provinsi Jambi tahun 2017 ini diikuiti oleh generasi muda yang tergabung dalam OKP/Menwa/Mapala/Karang Taruna dan Pramuka dengan jumlah peserta sebanyak 110 orang yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi.

Setiap kota/kabupaten mengirimkan 1 regu 10 orang dan 2 orang pendamping.Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 15 s/d 18 Mei 2017.Acara Pembukaan ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Gubernur Jambi, serta penyerahan Perlengkapan untuk gotong royong oleh Bupati Batanghari kepada peserta.

Usai acara, Bupati Batanghari Ir Syahirsah mengatakan. Kegiatan ini bertujuan agar generasi muda khususnya bisa mengenang krmbali para pahlawan yang telah gugur di medan perang dan sebagainya. “Kegiatan ini harus berjalan, karena kita sangat perlu sekali mengetahui jejak perjuangan para pahlawan,”kata Bupati.

Pagi ini, Minggu (21/5/2017). Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi, Drs.H.Wahyuddin,M.Pd membuka dengan resmi pelatihan kaderisasi kepemimpinan tingkat dasar. Yang bertemakan, untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kepemimpinan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, menuju Jambi tuntas 2021.

Acara tersebut berlangsug di Grand Hotel. Dihadiri Danrem 042 Gapu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rektor Universitas Jambi dan puluhan peserta siswa siswi dari Kabupaten atau Kota.

Dalam sambutannya, Wahyuddin mengatakan, bahwa salah satu agenda penting dalam pengembangan bangsa Indonesia adalah pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Dimana dari jumlah penduduk Indonesia saat ini 29,4 % atau 65 juta jiwa, diantranya adalah pemuda.

Wahyuddin menambahkan, besarnya jumlah pemuda tersebut merupakan potensi dan aset yang besar bagi bangsa Indonesia, mengingat mereka masih tergolong usia muda dan produktif, memiliki pemikiran dan produktifitas kerja yang tinggi serta mempunyai kemampuan fisik dan mental yang kuat.

Namun disisi lain, jika binaan dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki pemuda kurang optimal dan tidak terarah, "akan menjadi beban dan tanggung jawab kita, karena akan muncul berbagai permasalahan sosial yang sama-sama tidak kita inginkan," jelasnya.

Kemudian Wahyuddin juga mengatakan, Dengan jumlah pemuda yang sedemikian, maka iya sangat membutuhkan pembinaan dan pengembangan yang berkesinambungan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda.

Lebih lanjut, Wahyuddin juga menyampaikan, peningkatan kualitas dan kreatifitas pemuda adalah keharusan oleh setiap bangsa dan negara. "Upaya untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pemuda merupakan keharusan setiap bangsa dan Negara ditengah berbagai perubahan yang Melingkupi dinamika dunia kepemudaan saat ini," lanjut Wahyuddin.

Tidak hanya itu saja, Wahyuddin juga mengatakan, bahwa peningkatan kualitas pemuda sesungguhnya merupakan jawaban terhadap aneka persoalan yang menerpa dunia kepemudaan yang akan mempengaruhi kehidupan bangsa dan negara dimasa depan.

Maka dari itu, Wahyuddin menghimbau kepada semua peserta yang hadir, untuk memiliki kompetensi leadership yang prima. "Dengan berbekal jiwa kepemimpinan dan kopetensi kepemimpinan, kaum muda dapat mengambil langkah-lanhlgkah proaktif dan dinamis dalam memjukan kehidupan bangsa dan negaranya," tuturnya.

Wahyuddin juga berharap, dimasa yang akan datang akan muncul pemimpin yang berwatak paripurna.
"Melalui berbagai bentuk pelatihan kepemimpinan, diharapkan dimasa mendatang muncul persemaian pemimpin yang berwatak paripurna," harapnya.

Karena sosok pemimpin paripurna itulah yang menjadi garansi bahwa pembangunan Nasional yang disetiap level penyelenggaraan Negara akan bermuara pada semata-mata kemakmuran rakyat.

"Saya berharap kepada peserta, ikutilah pelatihan ini dengan sesungguh-sungguhnya untuk dijadikan bekal bagi dari sendiri, dalam rangka membangun bangsa dan negara yang sejahtera, aman dan damai," tutupnya. 

  1. Kegiatan Pelatihan Keterampilan dan Wirausaha Pemuda tahun 2017 bertujuan memberdayakan pemuda yang mempunyai bakat secara optimal agar memiliki keunggulan daya saing dan keterampilan yang memadai dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara serta meningkatkan  dan mengembangkan  potensi bakat dan minat  pemuda sehingga mereka mempunyai kepercayaan diri yang kuat, memiliki jati diri, mampu berkarya dan berkreasi, produktif, memiliki daya saing serta memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi generasi muda Jambi yang diharapkan nantinya siap bekerja keras, mandiri dan berkualitas untuk menjadi pahlawan keluarga, masyarakat dan negara.
  2. Peserta Pelatihan Keterampilan dan Wirausaha Pemuda tahun 2017 berjumlah 45 orang peserta yang berasal dari kelurahan yang ada dalam Kota Jambi.
  3. Materi yang diberikan kepada peserta pelatihan keterampilan dan Wirausaha Pemuda tahun 2017 adalah :
    1. Kebijakan dan pengembangan program Wirausaha Pemuda
    2. Desa Bahagia.
    3. Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba.
    4. Temu awal Penjelasan Program Kewirausahaan Pemuda.
    5. Kepemimpinan Pemuda
    6. Dasar-dasar dan manajemen Kewirausahaan.
    7. Mind Set Wirausaha.
    8. Iman dan Taqwa dalam sikap dan mental Wirausaha
    9. Membangun Sikap dan Mental Wirausaha.
    10. Olahraga Senam
    11. Kekuatan dan kelemahan diri
    12. Perencanaan dan pengembangan usaha kecil
    13. Pengembangan Usaha Mikro dalam hal Permodalan.
    14. Kiat sukses pengusaha muda
    15. Karakter building dan Enterpreneur

4. Sedangkan Narasumber yang memberikan materi pada kegiatan ini adalah dari:

  1. BNN Provinsi Jambi
  2. Fakultas Ekonomi Universitas Jambi
  3. Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari
  4. IAIN STS Jambi
  5. Disperindag Provinsi Jambi
  6. BRI Cabang Jambi
  7. BPC HIPMI Jambi
    1. HP3KI Jambi
    2. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi
    3. Setelah mengikuti pelatihan peserta akan di kursuskan/pemagangan selama lebih kurang 3 (tiga) bulan dengan keterampilan yang diminati masing – masing peserta yaitu:

-       Keterampilan Menjahit

-       Keterampilan Seni merangkai bunga dan design floral

-       Keterampilan Tata Boga

5. Secara umum tidak ada kendala yang berarti yang dihadapi oleh Peserta Pelatihan keterampilan dan Wirausaha Pemuda,  semua peserta dalam keadaan sehat wal’afiat dan telah kembali ketempat usahanya masing – masing.

Pemerintah melalui Nawacita Presiden Joko Widodo ingin meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga. Mengacu pada kesuksesan penyelenggaraan sejumlah tourbalap sepeda di Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), melalui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, bersinergi dengan kementerian/lembaga negara, dinas-dinas provinsi dan kabupaten/kota yang terkait, membuat gelaran Gowes Pesona Nusantara, Gowes Pesona Nusantara di Provinsi Jambi akan diadakan pada Minggu, 16 Juli 2017 mendatang.

Sepeda dipilih masuk dalam rangkaian gerakan ‘Ayo Olahraga’ karena sudah tidak asing dan masih digunakan banyak masyarakat di Indonesia sebagai alat transportasi sekaligus sarana berolahraga. Selain itu, dengan bersepeda, dapat mempersatukan masyarakat ditambah olahraga ini memenuhi kriteria, yakni murah, meriah, masal, manfaat, dan menarik.

Tidak seperti tour balap sepeda yang sudah ada, Gowes Pesona Nusantara ini memiliki track yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya di mulai serentak dari empat titik terluas Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua, kemudian berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017. Peserta dari 90 kabupaten/kota akan mengikuti gelaran besar ini dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya daerah-daerah di Indonesia.

Amanat undang-undang No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional menegaskan bahwa pembangunan nasional di bidang keolahragaan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi kualitas manusia, menanam nilai moral dan akhlak mulia sportivitas, disiplin, mempererat, dan membina persatuan persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa. Tujuan tersebut bisa dilakukan secara perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi, profesi, badan usaha, atau organisasi kemasyarakatan lain sesuai dengan prinsip keterbukaan dan kemitraan.

Sehingga, sebagai bentuk peran dan tanggungjawab pemerintah dalam mengembangkan keolahragaan nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ingin menjadikan olahraga sebagai budaya gaya hidup masyarakat. Upaya bersama untuk mengolahragakan masyarakat melalui ajakan “Ayo Olahraga” bertujuan agar kesehatan rakyat Indonesia lebih optimal dan produktif.

Dengan diposisikannya olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup akan membuka ruang seluas-luasnya untuk bibit olahragawan potensial. Bibit yang berprestasi ini selanjutnya dibina dan dikembangkan dengan dukungan sport science, menjadi atlet elit yang berprestasi tingkat internasional dan mengibarkan bendera merah putih di hadapan publik mancanegara.

MT

Kapal pemuda nusantara (sail sabang) 2017 merupakan program pertukaran pemuda cinta bahari. Salah satunya Reny Ayu wulandari mengungkapkan melalui cinta bahari dapat mengembangkan potensi bahari  jambi, senada hal tersebut Muhammad Yusrizal Amwa menambahkan dengan kegiatan ini dapat menambah pengalaman antar pemuda nusantara. Sedang Rudi Firmansyah menyampaikan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta wawasan kebangsaan. Kegiatan ini bagian dari program Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi.


Putra seberang ulu gedong dan kenali asam bawah mewakili pertukaran pemuda antar negara 2017. Pertukaran pemuda tersebut selama satu bulan diluar negeri. Program dalam bentuk pertukaran budaya dan magang kerja do tahun 2017. Zidni Makruf anak ulu gedong, mahasiswa unja pendidikan bahasa ingiris mengungkap ada program dapat mengembangkan dirinya. Sedang Yosi dalfitri ingin mempromosikan budaya jambi di manca negara.


Perwakilan Paskibraka Provinsi Jambi tingkat nsional diwakili oleh 2 orang, satu orang yaitu SMKN 1 Kualatungkal dan SMAN 1 Batanghari. Putri Ranjani Perwakilan dari tungkal bercerita menjadi paskibraka suatuhal yang paling menyenangkan dan berharga dalam kehidupan. Sedangkan menurut Muhammad Gilang Ramadha menuturkan hal yang sama dengan Putri. Menurut mereka kesempatan emas. Wahyuddin Plt. Dinas Kepemuda dan Olahraga menyampaikan kegiatan paskibraka merepakan agenda rutin tahunan.

Rapat Validasi Data dan Pengelolaan Data Kepemudaan dan Keolahragaan Se Provinsi Jambi Tahun 2017 24 s.d 26 Juli 2017 di V-Hotel Kota Jambi, dibuka secara langsung Oleh Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M.Pd.

Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M.Pd mengharapkan pengelolaan data untuk di setiap kabupaten/kota untuk kedepannya agar di kelola secara lebih baik agar Data yang ada sesuai dengan yang  dilapangan. 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi Wahyuddin melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Amirrizal membuka resmi kontingen invitasi olahraga tradisional tingkat provinsi dilapangkan stadion mini, kawasan Telanaipura kota Jambi, Jum'at (28/7/207).

 

Sebagaimana yang telah diketahui, olahraga tradisional merupakan salah satu Cabor yang bernuansa tradisional yang mampu menunjukkan jadi diri suatu kebudayaan daerah. Oleh karena itu patut kita jaga, kembangkan dan lestarikan karena merupakan kekayaan budaya bangsa yang terbesar di seluruh Nusantara dan merupakan warisan leluhur bangsa.

 

"Olahraga tradisional adalah bagian dari rekreasi yang telah dimainkan oleh pendahulu kita pada masa lalu di seluruh pelosok Nusantara," terangnya.

 

Dijelaskannya mereka melakukan kegiatan ini ada yang bersifat reaktif dengan maksud mencari ketenangan jiwa diwaktu luang atau reaktif.

 

Dalam artian,  untuk pembelaan ini dari segala mata bahaya yang mengancam jiwa dan keselamatan dirinya.

 

"Sejauh ini, pemerintah telah membakukan 11 cabor tradisional yang merupakan verifikasi hasil dari festival dan inventarisasi olahraga tradisional tingkat nasional yang dilakukan sejak Direktorat keolahragaan dan Dirjen Olahraga Diknas  hingga dilanjutkan oleh Kemenpora sampai saat ini. Proses ini membutuhkan waktu dan tenaga serta dana yang tidak terhitung nilainya semata mata demi kejayaan budaya dan identitas bangsa Indonesia yang hakiki," katanya.

 

Selanjutnya, olahraga tradisional merupakan salah satu kegiatan dari bidang keolahragaan yang sangat digemari oleh masyarakat namun dalam perkembangannya secara berangsur-angsur menghilang karena terdesak oleh berbagai olahraga yang menggunakan teknologi modern dan permainan elektronik.

 

Di kalangan anak-anak dan remaja bahkan orang dewasa di daerah perkotaan pada saat ini, olahraga tradisional masih sangat awam bagi mereka kurang diminati. "Padahal bila ditelusuri secara mendalam olahraga tradisional ini dapat memiliki nilai-nilai luhur yang perlu diwariskan kepada generasi muda untuk meningkatkan semangat persahabatan, kebersamaan kekeluargaan, persatuan dan menciptakan suasana ceria," jelasnya.

 

Selain itu, ia memaparkan, melihat perkembangan dan kondisi kebudayaan masyarakat Indonesia saat ini, maka perlu ditingkatkan budaya tenggang rasa, saling menghargai, cinta sesama warga, toleransi dan ramah. Maka melalui invitasi olahraga tradisional ini kita dapat memberikan nuansa hiburan, sekaligus mendorong dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di Provinsi Jambi.

 

"Harapan saya untuk tahun tahun yang akan datang, kegiatan ini tetap dilanjutkan tentunya harus didukung oleh pemerintah daerah kabupaten kota, tampa dukungan dari pemerintah kab kota, kegiatan ini tidak akan berhasil dengan baik. Begitupun kepada instansi terkait agar kegiatan ini di Kabupaten kota, dapat mendorong pelaksanaan kegiatan dengan sebaik-baiknya,"pintanya.

Kepala Seksi (Kasi) Olahraga dan Rekreasi Tradisional dan Layanan Khusus Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi  A Ikhsan menyayangkan, ada 5 kabupaten yang tidak mengirim peserta di Kontingen Invitasi Tradisional.

Kabupaten yang tak mengirim, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat,  Bungo, Merangin dan Sarolangun. Ini kabupaten kabupaten yang berdekatan semua, selayaknya tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak mengirim peserta," kata Ikhsan.

 

Permainan yang yang diperlombakan, yaitu Cabang Olahrga Hadang, Egrang dan Terompah Panjang yang sudah dimulai pertandingannya sejak kemarin 26 Juli 2017 siang. "Setelah penentuan pemenang oleh dewan juri, hari ini juga selepas Jum'at langsung diadakan penutupan dan mementukan pemenangnya,"kata Ikhsan.

 

Dijelaskan Ikhsan, adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar olahraga tradisional dapat disejajarkan dengan cabang olahraga lainnya. Kemudian, pemantapan peraturan permainan keempat dari cabang olahraga tradisional.

 

"Ketiga, ini untuk melakukan pelestarian olahraga rekreasi dan tradisional di masyarakat dan sebagai ajang seleksi untuk investasi olahraga tradisional tingkat nasional di Bengkulu, kalau menurut jadwal dari Menpora itu Oktober kalau tanggal nya belum tahu," pungkas Iksan.

 

Sementara pembiayaan kegiatan invitasi olahraga tradisional dibiayai sepenuhnya dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni melalui DPA SKPD Dinas Dispora Provinsi Jambi Tahun 2017. 

 

Menpora: Paskibraka Adalah Penjaga Martabat dan Kehormatan Bangsa Indonesia
Menpora Imam Nahrawi menjadi Inspektur Upacara dalam Apel Kebangsaan Purna Paskibraka 2017, Rabu (23/8) siang di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Jakarta. Hadir dalam Apel Kebangsaan tersebut Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri yang juga Purna Paskibraka Indonesia Angkatan 1962.
Apel Kebangsaan ini merupakan puncak berkumpulnya Paskibraka setelah menjalankan tugas pada peringatan HUT RI baik ditingkat nasional maupun daerah. Prosesi Apel Kebangsaan diawali dengan defile anggota Paskibraka dari seluruh Indonesia yang dimulai dari marching band Politeknik Ilmu Pemasayaratan Kementerian Hukum dan HAM dan dibuka oleh  Paskibraka dari Provinsi Gorontalo serta  dilanjutkan oleh Provinsi dan kabupaten/kota secara bergiliran yang ditutup oleh   Paskibra dari Papua Barat. 


Menpora mengatakan bahwa acara ini sangat spektakuler  karena baru kali dalam sejarah, Purna Paskibraka dan Paskibraka berkumpul dari provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka menguatkan rasa kebangsaan dan mengikrarkan anti radikalisme, anti narkoba dan anti terorisme. "Hal itu bertanda bahwa Paskibraka betul-betul menjadi generasi revolusi mental yang siap menjadi contoh dan panutan di tengah-tengah masyarakat dan pelajar. Lebih dari itu, bendera Merah Putih selamanya harus di kawal dan di junjung tinggi agar jangan sampai siapa pun mengganggu bendera Merah Putih. Karena itu, Apel Kebangsaan ini sangat penting bagi kita semua," ucap Menpora. 
Masih katanya, Paskibraka adalah miniatur persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dimana Anggota Paskibraka mewakili provinsi dan kabupaten/kota masing-masing. "Paskibraka merupakan model kaderisasi revolusi mental pemuda yang  seratus persen adalah Indonesia, seratus persen Pancasila, seratus persen Bhineka Tunggal Ika, seratus persen berintegritas, seratus persen  anti narkoba, seratus persen anti radikalisme dan seratus persen anti terorisme. Paskibraka bukanlah sekedar pasukan pembawa  kain merah dan putih tapi lebih dari itu, anggota Paskibraka adalah penjaga martabat dan kehormatan sebuah bangsa bernama Indonesia. Anggota Paskibra adalah orang-orang pilihan yang diberi mandat untuk menjaga pusaka-pusaka  dan bendera merah putih," ucapnya 


Menpora menceritakan, pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB, Bung Karno membacakan Teks Proklamasi. "Sebelum Teks Proklamasi dibacakan terlebih dahulu digelar prosesi pengibaran bendera pusaka sang saka merah putih. "Bendera ini dijahit sendiri oleh tangan istri Bung Karno Ibu Fatmawati dengan sepenuh hati dan cinta. Pada saat itu, Bung Karno meminta yang mengibarkan sang saka merah putih adalah para pemuda-pemudi perwakilan dari penjuru Indonesia. Karena Bung Karno tahu hanya kepada para pemudalah merah putih dapat dititipkan untuk selama-lamanya,"katanya.
"Pemuda adalah Tunas Bangsa yang akan terus bersemi mengiringi perjalanan sebuah bangsa. Arahan Bung Karno disampaikan kepada ajudannya Mayor Husein Mutahar. Mutahar kemudian mempercayakan Abdul Latif memimpin pengibaran Sang Saka merah putih bersama perwakilan pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia. Saat Agresi Militer ke-2 tahun 1948 Husein Mutahar diperintahkan secara khusus untuk menjaga bendera pusaka agar tidak jatuh ke tangan Belanda dan sekutunya. Mutahar menjaga Sang Saka dengan mempertaruhkan nyawa," ujarnya. 
Berkaitan dengan hal tersebut, Menpora menyampaikan bahwa lambang negara merupakan harga diri dan identitas bangsa. "Karena itu, para anggota Paskibraka akan menjadi Mutaharberikutnya  yang di dalam dada para anggota Paskibraka   terpatri Merah Putih yang sampai kapanpun tidak akan pernah rela Sang Saka Merah Putih dilecehkan termasuk dibalik warnanya oleh siapapun," tutupnya. 


Di akhir acara dilakukan penyematan PIN kepada   anggota Paskibraka yang mulai saat ini sudah menjadi Purna Paskibraka 2017. Penyematan tersebut dilakukan oleh Menpora Imam Nahrawi kepada perwakilan anggota Paskibraka yaitu Lurah  Paskibraka Nasional 2017 Rahmad Hersa dari Kalimantan Barat dan Dienaar Rarasati Widyaningrum dari Jawa Tengah.
Ikut hadir pada acara tersebut Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal, Kepala RSON Basuki Supartono, Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan, Karo Humas sudah Hukum Amar Ahmad, Wakil Walikota Palu  Sigit Purnomo dan Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia Bapak Gusta Feriza. 

Paskibraka Provinsi Jambi menjadi salah satu peserta dalam upacara Apel kebangsaan Purna Paskibraka Tahun 2017 tersebut.


Sumber : http://kemenpora.go.id/index/preview/berita/11715

BONUS ATLET DIFABEL NPC PROVINSI JAMBI TERTINGGI DI INDONESIA
Zola : Ini Wujud Perhatian Pemerintah Daerah kepada Atlet NPC Provinsi Jambi
Kota Jambi (Humas Pemprov Jambi) – Dalam Pelantikan Pengurus National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Provinsi Jambi Masa Bhakti 2017-2022dan Penyerahan Bonus kepada Atlet NPC Berprestasi pada Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XV di Bandung Jawa Barat Tahun 2016 yang bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (30/08/2017), Kepala Bidang Organisasi NPC Pusat, Rio Suseno mengungkapkan bahwa bonus atlet NPC Provinsi Jambi merupakan bonus NPC tertinggi di Indonesia.


Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli, S.TP,MA mengemukakan, pemberian bonus atlet NPC Provinsi Jambi tersebut, yang menurut Rio Suseno tertinggi di Indonesia, adalah wujud perhatian Pemerintah Daerah Provinsi Jambi kepada atlet NPC Provinsi Jambi.


Selain itu, Zola menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi tidak membedakan bonus bagi atlet PON dan Difabel, artinya tidak ada diskriminasi, namun setara. “Semua bonus sama,” tegas Zola. "Penyerahan bonus ini adalah bentuk perhatian Pemerintah Daerah kepada atlet NPC Provinsi Jambi yang meraih medali pada Peparnas 2016. Provinsi Jambi meraih medali sebanyak 1 emas, 9 perak dan 13 perunggu dan menempatkan Provinsi Jambi pada peringkat 24 nasional dari 34 provinsi yang ikut serta," ujar Zola.


Zola mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menganggarkan Rp 3 miliar untuk atlet NPC. “Menurut Ketua NPC Indonesia yang diwakili Pak Rio Suseno merupakan anggaran terbesar seluruh Indonesia. Tinggal bagaimana atletnya lagi yang harus memperbaiki prestasinya," kata Zola.
Besaran bonus yang diberikan adalah, Rp.250 juta bagi yang berhasil meraih medali emas, medali perak Rp150 juta, Rp100 juta untuk peraih medali perunggu. Atlit Peraih emas adalah A. Rahman pada cabang olahraga Atletik nomor Cakram, Rahman juga meraih medali perak nomor Lempar Lembing.


#gubernurjambizumizolazulkifli

ZOLA: MOMEN HUT RI TINGKATKAN SINERGI PEMPROV DENGAN SEMUA KOMPONEN
Kota Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola mengadakan Resepsi Kenegaraan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (17/08/2017) malam.


Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum beserta istri, Hj.Rahima Fachrori Umar, Pj.Sekda Provinsi Jambi,Drs.H.Erwan Malik,MM beserta istri, Hj.Chairunnisa Erwan Malik, Kapolda Jambi beserta istri, Danrem 042/Garuda Putih beserta istri, Kejati Provinsi Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kepala OPD Provinsi Jambi dan para undangan lainnya turut hadir dalam Resepsi Kenegaraan tersebut.


Gubernur Zola menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan HUT RI, selain itu juga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah meridhoi semangat para pendiri bangsa, sehingga pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia dapat mewujudkan kemerdekaan. "Momen tonggak sejarah tersebut, harus kita kenang sepanjang masa, selama bangsa Indonesia berada dalam naungan ibu Pertiwi, semangat berbangsa dan bernegara harus tetap kokoh kita pegang dan terpatri di sanubari, demi menjaga kemerdekaan yang telah kita raih melalui para pejuang dan pendiri bangsa ini," ungkap Zola.


Gubernur Zola menjelaskan, semangat perjuangan dan kemerdekaan para pejuang dan pendiri bangsa, hendaknya menjadi pendorong utama dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia. "Momen kemerdekaan ini saya harapkan dapat mempererat sinergi antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan seluruh komponen pembangunan termasuk semua yang hadir pada saat ini," ujar Zola.
#gubernurjambizumizolazulkifli

Kamis, 31.08.2017 Rapat Persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV Tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 - 21 September 2017 di Semarang - Jawa, Tengah, Indonesia dan untuk Pemusatan Latihan atau training center (TC) akan dilaksanakan pada tanggal 04 s.d 11 September 2017 bertempat di hotel Ratu Residence.

 

Rapat bertempat di aula Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M.Pd di dampingi oleh Kepala Bidang Olahraga Ahmad Thaulon, SH, MH serta Kasi Peningkatan Prestasi H. Baharuddin, SE.


Cabor antara lain :Tenis, Meja, Judo, Volly Pasir, Senam Artistik, Renang, Tinju,  Atletik, Taekwondo, Silat, Karate, Tenis Lapangan, Gulat, Dayung, Angkat Besi, Panahan, Tarung Derajat,  Panjat Tebing (eksebisi), Wushu (eksebisi), Anggar (eksebisi), Sepatu Roda (eksebisi)

Dalam rangka Pelepasan Atlit Kontingen Provinsi Jambi mengikuti POPNAS XIV Semarang – Jawa Tengah Tahun 2017, Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli ST,P.MA Resmi lepas Atlit Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum’at (8/9) pagi.


Atlit yang mengikuti POPNAS XIV Sebanyak 202 orang, dengan mengikuti 17 cabang olah raga dan Provinsi Jambi mentargetkan 7 mendali emas dengan peringkat ke-13. Adapun sumber pendanaan untuk membiayai keberangkatan kontingen dalam rangka POPNAS XIV 2017 ini adalah sumber dana dari APBD Dispora Provinsi Jambi tahun anggaran 2017.


Sementara atlit yang mengikuti Lomba sebanyak 150 orang, pelatih 30 orang, Official 22 orang, dengan berbagai lomba yaitu : Senam, Sepak Takraw, Tenis, Whusu, Panjat Tebing, Tinju, Renang, Tenis Meja, Taekwondo, Tarung Derajat, Karate, Dayung dan Panahan.


Kepala Dinas Kepemudahan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi Wahyuddin mengatakan, masing-masing atlit mempunyai target. Kita tidak perlu harus berupaya memaksa para atlit harus mendapatkan mendali atau perak, saya juga menekankan untuk atlit berjuang semaksimal mungkin. Intinya Tahun ini harus lebih baik dari tahun yang lalu, “pinta Kadis kepada Atlit POPNAS.


Zola : Pemprov Siapkan Bonus Bagi Atlet Popnas Peraih Pedali
Jambi (Humas Pemprov Jambi) -Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA melepas 202 orang Kontingen Pekan Olah Raga Nasional (Popnas) XIV tahun 2017 di Semarang Jawa Tengah, pelepasan dilaksanakan di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Jumat (8/9). Kontingen ini akan mengikuti 17 cabang olahraga Popnas yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 s.d 21 September 2017.


Dalam sambutannya, Zola memberikan motivasi kepada para pelajar untuk dapat bertanding dengan sportivitas di setiap pertandingan dan etika selama berada di provinsi lain. "Para atlet yang akan bertanding selain sebagai duta olahraga juga merupakan duta Provinsi Jambi. Untuk itu, saya mengharapkan para atlet, pelatih dan asisten pelatih harus bersemangat dan selalu senantiasa menjaga kondisi fisik dan stamina selalu prima serta menjunjung tinggi sportivitas di setiap pertandingan sehingga pada akhirnya akan membuahkan hasil yang menggembirakan untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi," ujar Zola.


Gubernur juga memberikan tambahan motivasi kepada para atlet dengan menyiapkan bonus bagi para atlet yang meraih medali. "Kegiatan ini, selain sebagai ajang seleksi pembentukan tim pelajar nasional yang akan dipersiapkan untuk even internasional, juga mengukur pembinaan prestasi olah raga atlet pelajar nasional. Pemerintah akan menyiapkan bonus kepada para atlet yang mendapatkan medali, jumlahnya akan kita sesuaikan dengan anggaran kita," ungkap Zola.


Pada Popnas XIV ini, Zola berpesan kepada para atlet untuk dapat bertanding dengan sebaik mungkin sehingga nantinya akan membawa hasil dan prestasi yang lebih baik bagi Provinsi Jambi. "Saya mengharapkan hasilnya lebih baik dari tahun sebelumnya, tetapi yang paling penting bahwa para atlet ini, anak-anak kita dapat bertanding dengan kemampuan terbaik mereka, bertanding dengan semangat olahraga yang tinggi, dan bergembira di sana, dengan begitu, akan terbentuk sikap yang positif kepada mereka," kata Zola.
#gubernurjambizumizolazulkifli

Magelang: Perjuangan bangsa Indonesia menghadirkan kembali kejayaannya di bidang olahraga masih harus melalui jalan panjang dan penuh tantangan. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pada puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional, di Alun-Alun Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (9/9) sore

Namun menurutnya justru dengan momentum peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2017 yang mengangkat tema “Olahraga Menyatukan Kita’’ akan menjadi langkah strategis mewujudkan tantangan itu dengan sinergi dan kerjasama dari semua pihak.

“Momentum Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) adalah momen sangat penting dimana kita memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, pengorbanan serta perjuangan seluruh pihak yang berkontribusi dalam membangun kemajuan olahraga dari tingkat daerah hingga pusat, mulai dari atlet, pelatih, manajer, pemilik klub, pimpinan cabang olahraga, para pembuat kebijakan, kampus-kampus dan sekolah olahraga, media dan juga masyarakat yang mencintai olahraga,” ujar Menpora.

Menpora mengatakan dengan semangat olahraga yang mempersatukan ini, banyak kegiatan-kegiatan keolahragaan diarahkan untuk menumbuhkan kembali semangat cinta tanah air, dan penyatuan kembali semangat kebangsaan dan solidaritas di antara sesama warga masyarakat.

“Tidak hanya tentang persatuan, olahraga juga mengajarkan kita banyak hal tentang makna kejujuran, sportivitas, keadilan dan juga kebanggaan kita sebagai sebuah bangsa. Ketika semua bersatu dan berjuang untuk olahraga, maka serentak kita akan berkata inilah Indonesia, Indonesia Raya…!!! maka disitulah kebanggaan kita hadir dari olahraga,” tegas Menpora lagi.

Menurutnya, semangat perayaan Hari Olahraga Nasional kali ini sedikit berbeda dari biasanya, karena dilakukan kurang lebih satu tahun jelang perhelatan olahraga paling bergengsi di Asia dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

“Asian Games dan Asian Paragames 2018 harus menjadi momentum kebangkitan kembali kejayaan olahraga Indonesia. Keduanya harus meninggalkan warisan berharga bagi bangsa Indonesia, yakni meninggalkan infrastruktur olahraga yang lebih baik, lebih maju dan lebih modern, dan hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah mewariskan masyarakat Indonesia yang gemar berolahraga.” jelas Imam.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa masyarakat yang gemar dan mencintai olahraga adalah dasar dari lahirnya prestasi olahraga, “Kita ingin membidik prestasi dari tingginya partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan olahraga, Prestasi adalah sebuah proses panjang melahirkan dan menemukan atlet-atlet elit dari ribuan bahkan jutaan anak-anak Indonesia yang turun ke lapangan olahraga, yang berlari dan terus berlari, bergerak terus berolahraga, menempa dirinya dengan disiplin dan latihan keras untuk menjadi juara,’’ jelas Cak Imam, sapaan akrabnya di kalangan anak-anak muda dan para atlet.

*Gerakan #Ayo Olahraga Untuk Hadirkan Prestasi Olahraga*

Di Tahun 2017, Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mencanangkan Gerakan Ayo Olahraga. Gerakan Ayo Olahraga ini sudah berjalan sejak awal bulan Mei lalu dengan menggulirkan 3 program unggulan utama yaitu: Gowes Pesona Nusantara, Gala Desa dan Liga Sepakbola Pelajar (U-12, U-14, U-16 dan Liga Mahasiswa)

Kegiatan Gowes Pesona Nusantara telah melintasi 81 titik Kabupaten/Kota dari 90 Kabupaten/Kota, sementara itu Gala Desa telah berjalan dengan melibatkan 816 desa, 136 kabupaten/kota di 34 Provinsi. Untuk Liga Sepakbola Pelajar di berbagai level dan jenjang usia telah melibatkan ribuan pelajar dari seluruh Indonesia.

Semangat dari ratusan ribu masyarakat yang telah tersentuh oleh program ini diharapkan dapat terus meningkatkan kegemaran masyarakat berolahraga. 

Secara khusus Program Gowes Pesona Nusantara diarahkan untuk melahirkan sebuah konsensus bersama dari seluruh daerah di Indonesia untuk melahirkan Hari Bersepeda Nasional. Sementara pada kegiatan lainnya yakni Gala Desa dan Liga Sepakbola Pelajar bertujuan untuk menjadikan kedua ajang tersebut sebagai wadah pencarian bibit-bibit olahragawan handal dan penuh potensi dari seluruh pelosok nusantara.

Gerakan Ayo Olahraga ini sejatinya juga bisa dikatakan menjadi tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang  bertujuan melibatkan seluruh komponen bangsa untuk hidup sehat dengan berolahraga, hidup aktif dan produktif dengan berolahraga secara rutin dan teratur apapun jenis olahraganya.(amr)
http://m.kemenpora.go.id/index/preview/berita/11771

Mewakili Kepala Dinas M. Izuddin, SE, M. Si, Kepala Bidang Pemuda  Membuka secara resmi Seleksi Calon Peserta Jambore Pemuda Indonesia didampingi oleh Jhoni Pransiska, S.Ag Kepala Seksi Pengembangan Pemuda.

 

Pemuda yang diseleksi adalah hasil dari seleksi dari Dispora Kab/Kota masing-masing dan acara ini dilaksakan dari tanggal 11 s.d 13 September 2017.

 

Dengantema membangun Pemuda kreatif dan dan menjaga persatuan keberagaman budaya bangsa demi terwujudnya JAMBI TUNTAS 2021

Selasa, 12 September 2017 akan berlangsung pertandingan cabang Olahraga Tenis Lapangan Melawan Jawa Timur bertempat di Lapangan Tenis Outdoor Grand Candi Semarang.


Official Tim Tenis POPNAS Provinsi Jambi Ronaldi.


Nama nama atlet dari Provinsi Jambi, antara lain.1. R Isyaragi Radifan, 2. Giovani Mahendra, 3. Yoshua Ricardo,4. Danang Setiawan..Target 1 perunggu
#popnas2017 #tenislapangan #disporajambi #olahraga #pemuda #popnasjateng

Kota Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Sabtu (14/10) sore, bertempat di Stadion Mini, Telanaipura (belakang SMP N 7 Kota Jambi), Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengunjungi Sekolah Sepak Bola (SSB) Gelora Karya. Kedatangan Zola adalah untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada SSB Gelora Karya tersebut, yang telah meraih prestasi yang turut mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional, yakni juara III Festival Sepak Bola U 11 dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Piala Menpora di Semarang, Jawa Tengah, 5 – 9 September 2017.

Didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, H.Wahyudin, Zola mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran SSB yang telah mengharumkan nama Provinsi Jambi, dan berharap agar prestasi yang membanggakan tersebut, bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Zola mengatakan bahwa untuk mempertahankan apalagi meningkatkan prestasi tidaklah mudah, harus dengan kerja keras dan kegigihan. Untuk itu, Zola berharap agar talenta-talenta muda Jambi tersebut terus dibina dan diarahkan dengan baik.

Tidak hanya memotivasi, Zola juga memberikan bantuan pribadi berupa uang senilai Rp10 juta, dan berharap agar bantuan tersebut bisa menambah semangat anak-anak binaan SSB Gelora Karya untuk terus berlatih lebih baik lagi.

Selain itu, Zola juga memberikan motivasi kepada para atlet Jambi yang dipusatkan di komplek Stadion Mini tersebut, yakni atlet karate, judo, senam artistik, atletik, dayung, angkat besi, dan tinju.

#gubernurjambizumizolazulkifli

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik mengatakan pengembangan kewirausahaan pemuda di Jambi menjadi hal sangat penting. Kewirausahaan merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia. Hal ini disampaikan pada acara pembukaan Fasilitasi LPKP Daerah di Hotel Abadi, Jambi, Senin, (16/10) malam. (foto:dok/kemenpora.go.id)

 

Jambi: Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik mengatakan pengembangan kewirausahaan pemuda di Jambi menjadi hal sangat penting. Kewirausahaan merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia. Hal ini disampaikan pada acara pembukaan Fasilitasi LPKP Daerah  di Hotel Abadi, Jambi, Senin, (16/10) malam.
 
Sesuai dalam tujuan pembangunan kepemudaan pasal 3, Undang-undang No.40 Tahun 2009. Kewirausahaan Pemuda perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda di bidang ekonomi, mengingat pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Berdasarkan data BPS tingkat pengangguran di Indonesia Februari 2017 sebesar 7,01 juta orang.  
 
Kabid Akses Permodalan Kemenpora Toni Poniman yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Wahyudin mengatakan fasilitasi pembentukan LPKP Daerah di Jambi berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16 s.d 18 Oktober 2017. Peserta kegiatan berjumlah 30 orang yang terdiri dari para pejabat eselon III dari Organisasi Pemerintah Daerah  dan instansi lain yang terkait dengan pengembangan kewirausahaan pemuda. 
 
Selama kegiatan peserta melakukan  Focus Group Discussion ( FGD) tentang pembentukan LPKP Daerah. Selain itu peserta juga mendapatkan materi mengenai kebijakan dan program pengembangan kewirausahaan pemuda baik dari pusat maupun daerah. Pembentukan LPKP Daerah merupakan implementasi amanah UU No 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan pasal 51 ayat (3).
 
“Dalam hal akses permodalan untuk pengembangan kewirausahaan pemuda, Pemerintah membentuk Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2013 tentang Susunan Organisasi, Personalia, dan Mekanisme Kerja Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP). Dalam PP tersebut juga dijelaskan bahwa LPKP dibentuk di tingkat Pusat oleh Pemerintah, dan dalam hal diperlukan, dapat dibentuk di Tingkat Provinsi, serta di tingkat kabupaten/kota oleh pemerintah kabupaten/kota," katanya.(tut)

21 Oktober 2017

Acara Yasinan dan Tahlil serta Doa Bersama serta Doa untuk Almarhum dan Almarhumah ASN Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi

- Al marhum H. Amirrizal, SE binti H. Anwar Hanafi

 - Al marhum R.M Arif, SH- Al marhumah Ridha Yanti Pane S. Pd 

- Al marhum H. Daeng Marala binti H. Daeng Patappa ( Orang tua H. Gustamin, S.Kom, M. Si )

Sekaligus Penghargaan Untuk ASN yang memasuki masa pensiunnya antara lain.

- Bapak H. Mumtaz Mona, S.Pd

- Ibu Yuteti

- Bapak M. Jamaluddin

Acara ini lansung dihadiri Oleh Kepala Dinas Drs. H. Wahyuddin, M.Pd serta Karyawan/I dan warga disekitar kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi.

Mewakili Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga  Provinsi Jambi, Kepala Bidang Pemuda ( M. Izuddin, SE, M. Si ) membuka Pelatihan Pemuda Relawan Tanggap Bencana Tahun 2017 'kita tumbuhkan semangat dan jiwa kepedulian generasi muda menuju Jambi tuntas 2021'
Pelatihan ini berlangsung di hotel Shang Ratu kota Jambi dari tanggal 24 s.d 26 Oktober 2017 dan peserta sebanyak 50 Orang berdasar dari beberapa perguruan tinggi yang ada di provinsi jambi.

Indonesia sebagai negara maritim terluas di dunia mempunyai resiko bencana alam paling besar karena terdiri dari ribuan pulau pulau, dan aktivitas 3 lempeng yakni Indo-Australia, Eurasia dan Pasilik yang dapat memicu teljadinya bencana baik bencana alam maupun bencana sosial.

 

Darisudut geografis bencana alam merupakan permasalahan global yang berdampak serius dan bersifat nasional melanda Indonesia secara beruntun pada awal tahun 2000 hingga tahun 2017 ini, sebut saja gempa di Nabire, banjir di jakarta hampir setiap tahun di musim hujan, tsunami yang melanda Provinsi Aceh dan sumatera utara, gempa di pangandaran, yogyakarta dan papua, kebakaran, letusan gunung merapi dan berbagai daerah lainnya di Indonesia. 


Peristiwa-peristiwa tersebut menimbulkan berbagai dampak besar bagi Indonesia secara keseluruhan. Diantaranya adalah mereka yang menjadi korban jiwa, kehilangan harta benda, tekanan psikologis hingga ketidakstabilan perekonomian Indonesia.  

 


Berdasarkan kondisi diatas, menjadi pemuda pelopor siaga bencana bukan sebuah pekerjaan mudah, apalagi hanya sekedar mengisi waktu yang kosong. Menjadi pemuda pelopor siaga bencana membutuhkan kemampuan untuk mengendalikan situasi kebencanaan.

 

Apabila suatu saat turun ke daerah bencana, mereka telah siap menangani secara langsung membantu korban 
Dengan adanya kenyataan demikian serta kondisi diatas, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia melalui; Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi merasa. terpanggil untuk melaksanakan Pelatihan Pemuda Relawan Tanggap Bencana Tahun 2017.
MT

Sumber : JAMBERITA.COM - Pemuda Pelopor Wirausaha Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Darna Widyati Hastuti putri kelahiran 3 Maret 1990 mengaku sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemprov Jambi.

 

Perempuan kelahiran Kuala Tungkal tinggal di Jalan Lintas Jambi Kelurahan Bram Itam Kiri Rt 13, Kabupaten Tanjabar.

 

"Terimahkasih sudah mengapresiasi apa yang menjadi karya, berharap ini dapat membuka mindset kawan kawan yang lain," kata Darna Widyati Astuti saat ditemui Jamberita.com, Senin (30/10/2017).

 

Darna akan menjadikan perhatian Pemprov menjadi penyemangat dirinya untuk terus berkarya. Ia juga berharap dapat menjadi contoh dan membuka mindset para pemuda pemudi lainya untuk berkarya dan mandiri.

 

"Ternyata penghasilan atau uang itu tidak mesti harus jadi PNS atau kerja di kantoran, karena peluang usaha itu sebenarnya banyak dilingkungan sekitar kita,"terang Darna.

 

Kata Darna, ini salah satu bentuk perhatian Pemprov atas karyanya. Dimana sehari hari mengelolah limbah rumah tangga seperti kaleng bekas, kain yang tidak terpakai, kardus bekas itu dijadikan produk bernilai untuk dipasarkan. 

 

"Contoh, kaleng menjadi celeng tabungan, dan kain bekas itu bisa jadi souvenir. Kan lumayan nambah pemasukan, saya jual prodak melalui online," pungkas Darna.

 

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Darna ini salah satu yang terpilih menjadi pemuda pelopor melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi, tepat dalam rangka hari sumpah pemuda. 

 

Darna mendapat penghargaan secara simbolis dari Gubernur Jambi Zumi Zola dan uang tunai secara langsung dari Dispora Provinsi Jambi.

 

Selain Darna, juga Ketua Lembaga Pelita Kita Kabupaten Tebo Ahmad Firdaus, dan Ketua Relawan Lembaga Pencinta Infak dan Sadarkah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Firman Saputra, bergerak di bidang sosial juga dapat penghargaan.(afm)

Jambi: Hari Kamis (9/11) pagi, Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Jonni Mardizal membuka acara Workshop Penumbuhan Minat Kewirausahaan Di Kalangan Pemuda dengan tema “One Youth One Product” di Gedung Balai Adat Kota Jambi. Pada sambutannya, Jonni mengatakan Pemerintah, Pemerintah Daerah, Universitas ataupun Lembaga Pendidikan harus bersinergi untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. 
 
"Bentuk sinergi tersebut salah satunya melalui cara mensosialisasikan kewirausahaan agar pola pikir masyarakat khususnya pemuda berubah dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan pekerjaan melalui penumbuhan minat kewirausahaan," katanya. 
 
Sebelumnya Pimpinan Komisi X DPR-RI HAR Sultan Adil Hendra dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang telah memilih Jambi sebagai tempat kegiatan workshop. Diharapkan kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan ini dapat mengubah mind set pemuda dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran di Provinsi Jambi.
 
Asdep Kewirausahaan Pemuda Ponijan melaporkan kegiatan workshop ini bertujuan untuk membangun kesadaran berwirausaha, memberdayakan pemuda yang berwirausaha, mengembangkan wirausaha muda pemula (WMP) sesuai dengan minat, bakat, potensi pemuda, potensi daerah dan arah pembangunan nasional dimana kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta yang berusia antara 16 sampai 30 tahun terdiri dari wirausaha muda dan, mahasiswa.
 
Kegiatan workshop yang dilaksanakan selama sehari penuh ini turut menghadiri pula Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, Kadispora Jambi  H, Wahyuddin, Sakhyan Asmara dan Wirausaha Muda Berprestasi sebagai narasumber. (tam)

Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi resmi membuka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di area Camping Ground Wisata Kandi Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (16/11/2017).

 

Jambore Pemuda Indonesia akan berlangsung dari tanggal 15-21 November yang diikuti oleh  pemuda terbaik yang mewakili 34 Provinsi termasuk Jambi.

 

Karena, kata Imam, ini adalah salah satu tanggungjawab sebagai pemuda. Melalui JPI agar beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk dapat dimanfaatkan sebaik baiknya. Untuk menjalani persahabatan antar pemuda Se indonesia walaupun berbeda suku, agama, budaya dan sebagainya.

 

Selanjutnya, usai membuka acara JPI beliau langsung mengunjungi setiap stand para pemuda Indonesia sekaligus stand Pemuda Provinsi Jambi di Sawahlunto, tentunya.

 

Dalam kunjungannya, tampak Kadispora Provinsi Jambi Wahyuddin menyambut serta mengalungkan syal Batik Jambi kepada Nahrawi.

 

Kabid Pemuda Dispora Jambi Izuddin menambahkan, dalam JPI ini Dispora Jambi menampilkan beberapa produk unggulan, seperti Lacak dan Batik.

 

Begitu juga dari beberapa provinsi lain yang ikut serta. "Alhamdulillah penjualan lacak lumayanlah, banyak yang tertarik. Begitu pula dengan Kopi kita Jambi," terang Izuddin.

 

Sumber berita : http://jamberita.com/index.php/berita-jambi/item/2737-kadispora-sambut-kunjungan-menpora-ri-di-stand-sawahlunto-dengan-syal-batik-jambi

 

Foto : Bidang Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi

Instagram : https://www.instagram.com/p/Bbj6pw8HBnW/

YouTube : https://www.youtube.com/channel/UC9gKfRHcLkIlFPpAmySpNpQ

17 November 2017 .
https://www.instagram.com/p/BbmOaTGHHIh/
DEKRANASDA MEMBUMI, dengan Slogan Cantik & Gaya dengan TENGKULUK, di WTC Batanghari Jambi. 

 


Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi ikut memeriahkan acara tersebut dengan mengikuti beberapa perlombaan tengkuluk dan peserta dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi antara lain : 
Ria Pebriani, S.Pd,

H. Lasita, 

IndahPermatasari, S.Kom,

Helen, SE,

MethaYuliana. AS, A.Md,


Rombongan lansung pantau oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi  Ibu Ir. Hj. JUHRIAH (Ny. Drs. H. Wahyuddin, M.Pd) 

@zumizolazulkifliforjambi @stharia


#taujambi #kerinci #bungo #tebo #merangin #bangko #tanjabbarat #tanjabtimur #batanghari #muarojambj #jambiku  #visitjambi  #jambi #sumatera  #jambiup #pemuda  #gentalaarasyi #temphoyac #jambiupdate #jambihits #nkri

?

17 November 2017 .

https://www.instagram.com/p/BbmOaTGHHIh/

TEKULUK WARISAN BUDAYA JAMBI YANG HARUS DILESTARIKAN

Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Drs.Ariansyah,ME mengemukakan, tekuluk merupakan warisan budaya Jambi yang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan. Hal tersebut dikemukakan Ariansyah saat membuka Lomba Pemasangan Tekuluk yang diadakan oleh Dekranasda Provinsi Jambi, bertempat di Lantai Dasar Mall World Trade Center (WTC) Batanghari Jambi, Jum'at (17/11/2017) siang.

Lomba pemasangan tekuluk yang diadakan Dekranasda Provinsi Jambi ini mengambil tema "Cantik dan Gaya Dengan Tekuluk, Dekranasda Membumi", dengan peserta perwakilan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jambi.

Ariansyah menyampaikan, tekuluk merupakan warisan budaya melayu Jambi yang dipakai masyarakat Jambi sebagai penutup kepala bagi wanita dan dipakai dalam berbagai kesempatan, baik untuk acara adat, pergi ke ladang maupun dipakai dalam kehidupan sehari hari, sedangkan penutup kepala bagi pria dinamakan lacak yang juga warisan budaya melayu Jambi. "Dekranasda Provinsi Jambi, terus memperkenalkan tekuluk ini supaya masyarakat Jambi lebih mencintai tekuluk ini sebagai warisan budaya, serta menggunakannya dalam kehidupan sehari hari karena tekuluk sendiri bisa dipadukan menjadi mode pada masa kini," ujar Ariansyah.

Ariansyah mengharapkan, dengan adanya lomba tekuluk ini, lebih meningkatkan lagi kecintaan masyarakat Jambi terhadap warisan budaya Jambi khususnya tekuluk ini, untuk itu Dekranasda Provinsi Jambi terus mendorong agar tekuluk lebih dikenal oleh masyarakat Jambi.

Acara Lomba Pemasangan Tekuluk diawali dengan pertunjukan Tari Kedidi yang dibawakan oleh Tim Kesenian Gubernuran Provinsi Jambi serta Fashion Show Batik Jambi dengan warna pastel yang diperagakan oleh gadis gadis Jambi 2017.

Tengkuluk yang diperagakan pada lomba pemasangan tekuluk ini yaitu, tekuluk satu, tekuluk kenduri seko, tekuluk rebung tepancung, tekuluk daun putax, tekuluk daun pakis dan tekuluk beliso.

Turut hadir Wakil Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Chairunnisa Erwan Malik, Ketua Dekranasda Kota Jambi, Hj.Yuliana Fasha, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi ikut memeriahkan acara tersebut dengan mengikuti beberapa perlombaan tekuluk dan peserta dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi antara lain :

Ria Pebriani, S.Pd,
H. Lasita,
Indah Permatasari, S.Kom,
Helen, SE,
Metha Yuliana. AS, A.Md,

Rombongan lansung pantau oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi  Ibu Ir. Hj. JUHRIAH (Ny. Drs. H. Wahyuddin, M.Pd)

#taujambi #kerinci #bungo #tebo #merangin #bangko #tanjabbarat #tanjabtimur #batanghari #muarojambj #jambiku  #visitjambi  #jambi #sumatera  #jambiup #pemuda  #gentalaarasyi #temphoyac #jambiupdate #jambihits #nkri

Kemenpora Setuju Usia Ketua KNPI Jambi Dibatasi 30 Tahun
Rabu, 22 November 2017
Inilah terobosan paling fenomenal di tubuh KNPI. Jelang Musda KNPI Provinsi Jambi dalam waktu dekat, dibatasi usia pengurus yakni 16 – 30 tahun. Selain untuk regenerasi, terobosan itu menyesesuaikan dengan UU Kepemudaan.
“Usia pengurus KNPI sesuai dengan UU Kepemudaan yaitu 16 hingga 30 tahun,” ujar Jonni Mardizal, Staf Ahli Kemenpora RI. Jonni Mardizal mengaku setuju dengan pernyataan Kadispora Provinsi Jambi yang membatasi usia Ketua KNPI maksimal 30 tahun. Ia menyebut sebagai terobosan penting bagi regenerasi kepemudaan di Indonesia.
“Kalau tidak sekarang kapan lagi KNPI berani memulai ini. Semua harus ada kepastian tentang regenerasi kepemudaan di Indonesia. Sebaiknya jika usianya di atas 30 tahun masuk di ormas saja atau partai politik,” ujarnya.
Keberanian KNPI sebagai wadah berhimpun OKP sudah menetapkan usia sesuai dengan UU Kepemudaan ditunggu seluruh elemen bangsa Indonesia. Ini diharapkan akan memicu internal organisasi kepemudaan benar-benar terjadi regenerasi.
“Ke depan tidak ada lagi pengurus KNPI yang sudah uzur tapi masih mengaku pemuda. Batasan umur ini sudah sesuai UU Kepemudaan,” ujarnya.
Pria asli kerinci yang pernah menjabat Plt Deputi II Kepemudaan Kemenpora RI ini mengatakan, sebenarnya berdasarkan AD/ART KNPI, memang tak ada batasan umur. Artinya, siapapun yang sudah berumur 40 tahun pun bisa menjadi Ketua dan pengurus KNPI.
“Tapi, kalau KNPI tetap ngotot itu, berarti tak sejalan dengan UU tentang kepemudaan yang membatasi umur pemuda itu maksimal 30 tahun. Kalau KNPi tak setuju dengan UU nomor 40 tahun 2009, ya silahkan ajukan judical review. Saya pikir sudah saatnya Jambi memulai ini. Kasih kesempatan pemuda dibawah 30 tahun berkiprah. Beri mereka kesempatan,”ujarnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi Wahyuddin saat jumpa pers Musprov ke-XIII di kantor DPD KNPI Provinsi Jambi, Selasa siang (21/11), menegaskan tentang pembatasan usia untuk menjadi pengurus KNPI pada Musyawarah Provinsi ke-XIII Pemuda/KNPI bulan Desember mendatang.
Wahyuddin mengatakan batas usia untuk menjadi pengurus KNPI yakni 16-30 tahun. Menurut dirinya hal ini sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.
Dari : SERUJAMBI.COM(clp/mui)

Erwan Malik : Olahraga Mampu Mempertebal Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air ..
Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM mengatakan, olahraga mampu mempertebal semangat kebangsaan dan semangat cinta tanah air. 


Hal itu dikataka Erwan saat membuka Jambi Run (Maraton) 2017 10 Km Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di halaman depan Kantor Kejaksaan Negeri Jambi, Telanaipura, Minggu (26/11/2017) pagi, 

 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M.Pd sangat berterima kasih kepada semua yang mendukung acara ini karena kerjasama dari semua pihak yang telah mendukung acara ini dari awal hingga akhir dan untuk kedepannya diharapakan agar bisa bekerja sama dalam hal yang lain.


Jambi Run 2017 terlaksana atas kerja sama Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi dan sponsor, yakni Jambi Ekspres, Bank 9 Jambi, Oppo, Milo, Yamaha Motor. Sebelum Lomba Lari dileas, diawali dengan Senam Sehat Massal bersama masyarakat.

Ribuan peserta telah berkumpul memadati sepanjang jalan di depan Kantor Kejaksaan Negeri Jambi sampai depan Bank 9 Jambi Telanaipura. 

Rute Jambi Run 2017 10 K adalah start depan Kantor Kejaksaan Negeri Jambi-Musium Broni-Museum Perjuangan-Mall Kapuk-Dealer Honda Sipin-Transito- SMA Negeri 5 Kota Jambi-finishKejaksaan Negeri Jambi Telanaipura. "Olahraga tidak hanya berfungsi sebagai sarana kebugaran fisik dan mental, tetapi juga mengembangkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. 

Olahraga mampu mempertebal semangat kebangsaan, patriotisme, semangat cinta tanah air dan bangsa, hal ini dapat kita lihat dalam suatu pertandingan tingkat nasional dan internasional," kata Erwan.

 

Berita : instagram amirzansh humas dan protokol Provinsi Jambi

Gubernur Jambi melalui Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jambi, Syahrudin resmi membuka kejuaraan nasional (Kejurnas) Pusat Pembinanan Pelatihan Pelajar (PPLP) Rabu, di GOR Kota Baru Jambi, (29/11/2017).

Kejurnas PPLP tahun 2017 diikuti oleh kontingen sekitar 167 orang. Saat ini sudah berada di Jambi adalah Kontingen senam artistikdan senam ritmik.

Selanjutnya festival lomba senam diikuti 56 regu utusan kabupaten kota dengan kategori senam, antara lain senam siginjai, senam bugar, senam bugar lansia Indonesia dan senam aerobik. Kategori 15 tahun kebawah dan 35 tahun keatas terakhir senam Gemu Pamere.

Kegiatan Kejurnas senam antar PPLP tahun ini dilaksanakan pada tanggal 27 November sampai dengan 3 Desember kemudian Kejurnas senam artistik tanggal 27 November sampai dengan tanggal 1 Desember. Kejurnas ritmik tanggal 29 sampai dengan 3 Desember dan festival lomba senam dimulai dari tanggal 29 kemarin dah sampai besok 30 November.

"Biaya pelaksanaan penyelenggaraan kejurnas senam antar PPLP ini dan festival bomba senam tahun ini bersumber dari dana APBD dan APBN tahun anggaran 2017.

 

Sumber : http://jamberita.com/index.php/berita-jambi/item/3214-kadiskepora-provinsi-jambi-serahkan-piala-futsal-gubernur-cup-ini-juaranya

YouTube : https://youtu.be/WvFZJ3Un0VM

Instagram : https://www.instagram.com/p/Bcv8AEMntgm/
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi Wahyuddin serahkan piala sekaligus penutupan pertandingan futsal Gubernur Cup di Gedung Olahraga (GOR) Kota Baru Kota Jambi, Jum'at malam (15/12/2017).
 
Dikatakan Wahyuddin, melihat semangat para peserta futsal yang memperebutkan piala Gubernur Cup baik dari instansi maupun pelajar yang ikut serta tentu sejalan dengan semangat dan perhatian dari Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli yang mendorong dan membangun sarana dan prasarana olahraga di Provinsi Jambi.
 
"Iya salah satunya, diperbaiknya GOR kota baru oleh Pak Gubernur Jambi pada tahun 2018 mendatang," kata Wahyuddin.
 
Hal itu dilakukan Gubernur Jambi untuk melengkapi, memperbaiki juga memfasilitasi para pencinta olahraga, khususnya agar kaum muda lebih menghidupkan olahraga, baik itu di cabor olahraga futsal, basket ball, voly ball dan cabor-cabor lainnya.
 
"Pertama-tama selaku pribadi dan atas nama pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan rasa syukur dengan dilaksanakannya kejuaraan futsal antar pelajar dan OPD ini," ungkap Wahyuddin.
 
Karena di samping sebagai upaya kita dalam rangka meningkatkan kesehatan, juga sebagai cikal bakal pemain futsal yang memiliki kualitas baik dari teknik maupun keahlian lainnya.
 
Selain itu juga pelaksanaan kegiatan olahraga futsal ini adalah sebagai wahana untuk meningkatkan hubungan silaturahmi. Secara tidak langsung juga merupakan upaya untuk membentuk karakter insan yang sehat dan memiliki semangat juang kebersamaan yang tinggi.
 
"Sekaligus sebagai langkah strategis kita bersama dalam mengembangkan olahraga futsal di provinsi Jambi, dengan selesainya kegiatan ini saya ingin menyampaikan selamat kepada peserta yang telah berhasil menjadi juara, kepada yang belum jangan kecewa teruslah berlatih jadikan ini sebagai motivasi dan tekad berprestasi di lain waktu," jelas Wahyuddin.
 
Berikut nama-nama club peserta futsal yang raih juara Gubernur Cup, juara 1 SMA 11 Weror, juara 2 PGRI Ortiz, juara 3 SMA 10 Avatar, juara 4 SMA 5 Bokenka.
 
Selanjutnya juara pertama dari instansi diraih oleh Bank Indonesia (BI), juara 2 Mandiri Mikro, juara 3 Dishub Kota Jambi dan juara ke-4 Bank 9 Jambi.
 
Sementara untuk top scorer pelajar diraih Angga dengan mencetak 11 Goal dan dari instansi dijuarai oleh Gilang dengan mencetak 10 Goal. Terakhir juara terbaik direbut oleh club STM, Kedua Laskar dan Ketiga Yalika F.(afm).

ZOLA DIANUGERAHI GELAR ADAT MELAYU JAMBI

Jambi (Humas Pemprov Jambi), Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menerima Gelar Kehormatan Adat dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola menerima penghargaan Karang Setyo dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi, bertempat di Balai Adat Balairung Sari Provinsi Jambi, Minggu (17/12/2017) siang.
Gelar kehormatan adat yang diberikan oleh LAM Jambi Provinsi Jambi kepada Gubernur Zola adalah Sri Paduko Anom Setio Negeri, yang ditetapkan berdasarkan Keputusan LAM Jambi Provinsi Jambi nomor: 11/LAM-JBI/XII/2017 tanggal 17 Desember 2017 tentang Penganugerahan Gelar Adat Melayu Jambi Kepada H. Zumi Zola Zulkifli Gubernur Jambi, dan Sherrin Tharia Zola mendapatkan penghargaan Karang Setyo, yang ditetapkan berdasarkan Keputusan LAM Jambi Provinsi Jambi nomor: 12/LAM-JBI/XII/2017 tanggal 17 Desember 2017 tentang Pemberian Penghargaan Karang Setyo Kepada Hj.Sherrin Tharia Zola.

Gelar Sri Paduko Anom Setio yang diterima Gubernur Zola memiliki makna, seorang pemimpin muda yang cerdas dan amat dimuliakan serta dicintai oleh masyarakat dan juga tidak lari dari tanggung jawab untuk membangun negeri Jambi, sedangkan penghargaan Karang Setyo yang diterima Sherrin memiliki makna, istri yang selalu setia mendampingi suami. Penghargaan Karang Setyo yang diberikan berupa seuntai kalung emas dengan liontin Lambang LAM Jambi Provinsi Jambi.

Rangkaian penganugerahan gelar adat Melayu Jambi kepada Gubernur Jambi dan Karang Setyo kepada Ketua TP PKK Provinsi Jambi dimulai dengan penjemputan gubernur dan istri oleh pengurus LAM Provinsi Jambi dr rumah dinas Gubernur Jambi, selanjutnya dari rumah dinas diarak ke Balai Adat Balairung Sari menggunakan mobil hias bertemakan budaya Jambi. Setibanya di Balai Adat Balairung Sari, Gubernur dan istri disambut dengan kompangan dan pencak silat diiringi tarian Melayu Jambi serta pantun seloko adat Jambi. Setelah itu, dilakukan pencucian kaki gubernur di atas kepala kerbau menggunakan air santan sebagai syarat dari prosesi adat. Kemudian, bersama istri, gubernur menginjak kepala kerbau untuk naik ke atas balai adat.

Foto : https://www.instagram.com/amirzansh/

Pemerintah Provinsi Jambi akan Gelar Tabligh Akbar dan Zikir Bersama Malam Pergantian Tahun
Follow dulu Instagram @DisporaJambi https://www.instagram.com/p/BdPe423njRW/
Malam pergantian tahun kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jambi akan menggelar tabligh Akbar dan Zikir Bersama yang akan dilaksanakan pada Minggu malam (31/12) pukul 19.00 wib bertempat di lapangan Kantor Gubernur Jambi.


Acara tabligh Akbar dan Zikir bersama akan dimeriahkan oleh Acil Bimbo  dengan penceramah Ust. Hasbullah dan Ust. Amin. M. Kes dengan didahului shalat Isya berjamaah bersama seluruh elemen masyarakat.


Gubernur Jambi  H. Zumi Zola, STP, MA mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat hadir  dan  turut serta bersama keluarga pada malam pergantian tahun untuk menghadiri acara Tabligh Akbar dan Zikir bersama. "Saya mengajak seluruh masyarakat jambi untuk datang bersama keluarga,kerabat dan teman teman,kita berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT dan tentu memohon kepada Allah SWT dapat menjadikan provinsi Jambi makin maju dan masyarakatnya makin sejahtera" ungkap Zola

Hall yang unik dari tabligh Akbar dan Zikir bersama ini adalah dengan disediakannya ratusan  makanan gerobak yang mengelilingi lapangan kantor gubernur jambi. " Kami menyediakan berbagai jenis kuliner gerobak dalam malam pergantian tahun secara GRATIS " jelas Apani  Saharudin pada saat memimpin apel pagi (28/12)(KS 1)


Jambi (Humas Pemprov Jambi) - H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengungkapkan, momen yang baik ini merupakan wahana untuk mengevaluasi diri terhadap tugas dan kewajiban kepada Allah SWT serta kewajiban sesama manusia dan makhluk Allah lainnya. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Zola pada Acara Tabligh Akbar Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru 2018, bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Minggu (31/12/2017) malam.


Gubernur Zola sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tabligh akbar ini karena ini merupakan momen yang sangat baik sekali menjelang pergantian tahun. Tabligh akbar ini juga sebagai salah satu media untuk memperkuat tali silahturahmi diantara masyarakat Provinsi Jambi. "Acara ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan rezeki yang telah Allah SWT berikan untuk kita semua dalam tahun 2017, khususnya bagi masyarakat Jambi. Selanjutnya, marilah kita sama sama berdoa agar di tahun 2018 nanti, Allah SWT selalu mencurahkan rahmat dan rezekiNya serta menjadikan Negeri Jambi yang kita cintai ini lebih maju lagi dan rakyatnya semakin sejahtera," ujar Zola.


Gubernur Zola mengajak masyarakat yang hadir untuk berdoa bagi saudara saudara muslim yang sedang mendapatkan kesusahan, baik itu di Syria, Allepo, Rohingya dan Palestina. "Kita mungkin tidak bisa bersama sama dengan saudara muslim kita untuk berjuang, tapi kita bisa mendoakan mereka agar diberi ketegaran, keselamatan dan selalu mendapatkan lindungan dari Allah SWT," tutur Zola. "Dalam acara tabligh akbar ini, Pemerintah Provinsi Jambi turut melibatkan pedagang kaki lima untuk menyediakan makanan kepada masyarakat yang hadir. Hakikatnya adalah, acara ini memang diselenggarakan untuk masyarakat Provinsi Jambi," terang Zola.

 

Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) adalah wadah pembinaan dan pelatihan atlet yang berbakat olahraga dan potensial untuk dikembangkan menjadi atlet berprestasi. Untuk merealisasikan hal ini, diperlukan sebuah system yang mapan dan diperlukan waktu panjang dengan menggunakan berbagai strategi dan kiat-kiat pembinaan untuk mencapai tujuan prestasi.

 

Pemerintah dalam hal ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, terus membuat kebijakan-kebijakan untuk dapat mengembangkan upaya-upaya praktis agar proses pembinaan atlet di PPLP disesuaikan dari waktu ke waktu pembinaan kecabangannya pada cabang-cabang olahraga unggulan. Revitalisasi perubahan ini tentunya disesuaikan dengan potensi daerah  masing-masing, sehingga tidak lagi hanya sebatas pada cabang olahraga dasar seperti atletik, sebagaimana hal ini terjadi pada dasawarsa pendirian.

 

Pemerintah juga berupaya agar proses pendidikan dan pelatihan atlet pelajar dapat berjenjang dan berlanjut. Oleh karena itu, Pemerintah dalam hal ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi mencanangkan Sekolah Khusus Olahraga (SKO), yang nantinya mempermudah masalah akademisnya.

 

  1. Undang-undang RI Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4535);
  2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5234);
  3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan  Keolahragaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 35, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4702);
  4. Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan  Pekan dan Kejuaraan Olahraga (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 36, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4703);
  5. Pedoman Pengelolaan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Tahun 2017

 

Maksud Kegiatan

  1. Menyeleksi atlet-atlet pelajar potensial dari seluruh Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi.
  2. Memberikan kesempatan yang optimal kepada para pelajar potensial untuk dibina dalam suatu wadah PPLP untuk mencapai prestasi yang optimal. 
  3. Tujuan Kegiatan
    1. Menghasilkan olahragawan Daerah yang mempunyai kepribadian dan semangat olahragawan sejati.
    2. Meningkatkan prestasi olahraga dan akademik setinggi-tingginya seta meningkatkan disiplin baik disekolah, asrama maupun dilapangan.

 

Persyaratan Umum:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Masih Berstatus Pelajar aktif dengan membawa Surat Keterangan dari Sekolah
  3. Berbadan sehat, tidak merokok, tidak terlibat narkoba dan tindak pidana lainnya (membawa Surat Keterangan Sehat yang asli dari Dokter)
  4. Membawa Surat Rekomendasi dari Pengcab/Pengprov yang bersangkutan
  5. Photocopy STTB/Ijazah (NEM/SKUN) terakhir dan dilegalisir
  6. Photocopy Akte Kelahiran (diutamakan kelahiran tahun 2003 dan sesudahnya atau tahun pelajaran 2017/2018 maksimal baru duduk kelas X)
  7. Memenuhi persyaratan keberbakatan dalam cabang olahraga yang akan diikutinya. Persyaratan tersebut meliputi aspek (Kualitas biometric / postur antropometri), (Kapasitas biometric / fisik / Keterampilan), (Kualitas Psikologi  /Mental)
  8. Mempunyai disiplin tinggi untuk mengikuti peraturan dan ketentuan yang diatur oleh pelatih dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi
  9. Mendapat persetujuan dan dukungan penuh dari orang tua / wali siswa
  10.  Bersedia tinggal diasrama selama mengikuti Program PPLP Provinsi jambi
  11.  Bersedia diganti serta mengganti dana yang telah diterima selama menjadi atlet PPLP apabila menurut penilaian dari tim pengawas dan evaluasi :
  • Tidak mengikuti ketentuan dan aturan yang telah diatur oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi
  • Tidak menunjukan peningkatan atau perubahan prestasi
  • Tidak mengikuti Program latihan yang dibuat oleh Pelatih

12. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran

13.  Pas photo warna ukuran 3x4 = 3 lembar

 

PENDAFTARAN, SELEKSI BERKAS, PELAKSANAAN TEST

  1. Pendaftaran, Seleksi Berkas, Pelaksanaan Test dilaksanakan:

Hari/Tanggal : Rabu, 27 Desember 2017

Tempat : Stadion Mini, Kota Jambi

Pukul : 08.00 WIB s.d Selesai

Acara : Test Kesehatan dan Psikologi

 

Hari/Tanggal : Kamis, 28 Desember 2017

Tempat : Stadion Mini, Kota Jambi

Pukul : 08.00 WIB s.d Selesai

Acara : Test Fisik dan Keterampilan

 

  1. Hasil Seleksi akan diumumkan melalui web Diskepora Provinsi Jambi dan atau melalui surat ke alamat Pengcab/Pengprov atau Dispora Kab/Kota
  2. Infomasi dan Formulir Pendaftaran dapat dilihat di Web http:/www.dispora.jambiprov.go.id

 

Peserta membawa perlengkapan pribadi dan perlengkapn sendiri sesuai kecabangan keolahragaannya yang akan digunakan pada saat tes (Sepatu, Kaos Olaraga, dll).

 

CABANG OLAHRAGA YANG MENERIMA ATLET

 

NO

CABANG OLAHRAGA

JUMLAH ATLET

ASRAMA / TEMPAT TINGGAL

1.

2.

3.

4.

5.

TINJU

PANAHAN

TAEKWONDO

GULAT

DAYUNG

5

8

8

11

13

ASRAMA PPLP GEDUNG JUDO KOTA BARU

ASRAMA PPLP KOLAM RENANG KOTA BARU

ASRAMA PPLP STADION MINI TELANAIPURA

ASRAMA PPLP STADION MINI TELANAIPURA

ASRAMA PPLP STADION MINI TELANAIPURA

 

JUMLAH

45

 


AKOMODASI, KONSUMSI, DAN BIAYA PERJALANAN

Panitia tidak menanggung Akomodasi, Konsumsi dan Biaya Perjalanan PP. Biaya seluruhnya ditanggung sensiri oleh peserta seleksi.

 

 

Untuk mengunduh FILE Silakang kunjungi klik FORMULIR ISIAN PRIBADI CALON ATLET PPLP PROVINSI JAMBI TAHUN 2018

 

Informasi Lainnya

Instagram : @DisporaJambi

Facebook  : Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi

Youtube    : Dispora Provinsi Jambi

GENERASI MUDA RESPON POSITIF TURNAMEN BASKET GUBERNUR CUP


Zola: Turnamen Wadah Menyalurkan dan Mendidik Mental Olahraga Gubernur Cup, Zola Salurkan Bakat Generasi Muda Basketball Jambi Jambi (Humas Pemprov Jambi), Tingginya animo generasi muda terhadap olahraga basket yang terlihat memenuhi GOR Kota Baru pada Pembukaan Turnamen Bola Basket Gubernur Cup dapat berdampak positif terhadap pembinaan kegiatan olahraga bola basket di Provinsi Jambi, Selasa (9/1/18)

GubernurJambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA, menyampaikan anak-anak muda yang tergabung dalam tim yang akan bertanding dapat menunjukkan kemampuan maksimal dalam bermain. "Selamat bermain serta junjung nilai sportivitas," ungkap Zola


Zumi Zola menegaskan, Gubernur Cup yang diadakan untuk SMA Sederajat se Provinsi Jambi menjadi wadah menyalurkan serta mendidik mental olahraga bagi setiap individu untuk terus meningkatkan kedisiplinan serta kemampuan bermain bola basket. "Turnamen Basket Ball Gubernur Cup diharapkan menjadi motivator bagi berbagai pihak untuk ikut berperan serta dalam memajukan olahraga," tegas Zola.

Gubernur juga memberikan hadiah sebagai penyemangat bagi para pendukung yang mampu menampilkan dukungan maupun yel terbaik selama pertandingan berlangsung disamping menjadi ajang mengukur kemampuan tim basket. "Pemberian penghargaan bagi mereka yang berprestasi juga sebagai ajang pengukuran kemampuan masing-masing tim, wajar nanti ada yang menang dan kalah,"kata Zola.

Ketua Penitia, H.Baharudin menyampaikan, penyelenggaraan turnamen Basket Ball Gubernur Cup berlangsung mulai tanggal 9 sampai 15 Januari 2018 yang diikuti 32 Tim Putra dan 14 Tim Putri dari SMA/SMK kabupaten/kota se Provinsi Jambi. "Pemenang akan diberikan hadiah piala dan uang pembinaan," kata Ketua Panitia.