Plt Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jambi Drs. H. Wahyudddin M.Pd, Selasa malam (2/5), membuka secara resmi pelaksanaan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2017, bertempat di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Kota Jambi.

Dalam sambutannya Drs. H. Wahyuddin M.Pd menyampaikan, ditengah-ditengah kehidupan masyarakat kita saat ini penghayatan dan penghormatan terhadap Sang Merah Putih semakin pudar dan menipis.

Hal ini terlihat dari tata krama saat penggunaan Sang Merah Putih yang sudah tidak sesuai dengan jiwa dan nilai-nilai yang terkandung pada Bendera Kebangsaan sebagai simbol lambang Negara Republik Indonesia.

Ini semua disebabkan karena sebagian masyarakat kurang menghormati dan tidak memahami akan arti serta makna Sang Merah Putih yang diperjuangkan dengan tetesan air mata, darah, dan nyawa untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, ujar Wahyuddin.

“Untuk itu, perlu dilakukan upaya pembinaan bagi seluruh lapisan masyarakat dan komponen Bangsa terutama membangun kembali Nation Caracter Building (Pembangunan Jiwa Bangsa). Salah satunya dengan menyelenggarakan seleksi dan pemilihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), jelasnya.

Wahyuddin juga menyampaikan, dalam pelaksanaan seleksi Paskibraka Tahun 2017 ini, agar Tim Work untuk mengikuti sesuai aturan yang berlaku.

“Jangan ada interpensi dari pihak manapun, kita tidak ingin terulang pada beberapa tahun yang lalu, saat mengirim utusan ke Tingkat Nasional semuanya pulang”, tegas Wahyuddin.

Ketua panitia acara seleksi Paskibrakan Tahun 2017, Mumtaz Mona S.Pd dalam laporan sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan calon Paskibraka yang sehat jasmani dan rohani, berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.

Mumtaz menjelaskan, calon Paskibraka yang mengikuti seleksi ini adalah siswa-siswa SMA, SMK, MAN dari Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, dengan jumlah 100 orang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 2-5 Mei 2017. Diisi dengan berbagai materi, seperti pengetahuan umum, kesenian, psikotes dan wawancara, kesehatan, Kepramukaan, Bahasa Inggris, fisik dan jasmani, serta pelatihan baris-berbaris oleh Tim Seleksi dari Dinas/Instansi terkait, tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Jambi atau yang mewakili, Korem 042/Gapu atau yang mewakili. Selain itu, Kepala Bidang, Kasi atau Kasubbag dilingkungan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, serta para tamu undangan lainnya. (Nai)

Sumber : http://jambicenter.com