Pagi ini, Minggu (21/5/2017). Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi, Drs.H.Wahyuddin,M.Pd membuka dengan resmi pelatihan kaderisasi kepemimpinan tingkat dasar. Yang bertemakan, untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kepemimpinan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, menuju Jambi tuntas 2021.

Acara tersebut berlangsug di Grand Hotel. Dihadiri Danrem 042 Gapu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rektor Universitas Jambi dan puluhan peserta siswa siswi dari Kabupaten atau Kota.

Dalam sambutannya, Wahyuddin mengatakan, bahwa salah satu agenda penting dalam pengembangan bangsa Indonesia adalah pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Dimana dari jumlah penduduk Indonesia saat ini 29,4 % atau 65 juta jiwa, diantranya adalah pemuda.

Wahyuddin menambahkan, besarnya jumlah pemuda tersebut merupakan potensi dan aset yang besar bagi bangsa Indonesia, mengingat mereka masih tergolong usia muda dan produktif, memiliki pemikiran dan produktifitas kerja yang tinggi serta mempunyai kemampuan fisik dan mental yang kuat.

Namun disisi lain, jika binaan dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki pemuda kurang optimal dan tidak terarah, "akan menjadi beban dan tanggung jawab kita, karena akan muncul berbagai permasalahan sosial yang sama-sama tidak kita inginkan," jelasnya.

Kemudian Wahyuddin juga mengatakan, Dengan jumlah pemuda yang sedemikian, maka iya sangat membutuhkan pembinaan dan pengembangan yang berkesinambungan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda.

Lebih lanjut, Wahyuddin juga menyampaikan, peningkatan kualitas dan kreatifitas pemuda adalah keharusan oleh setiap bangsa dan negara. "Upaya untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pemuda merupakan keharusan setiap bangsa dan Negara ditengah berbagai perubahan yang Melingkupi dinamika dunia kepemudaan saat ini," lanjut Wahyuddin.

Tidak hanya itu saja, Wahyuddin juga mengatakan, bahwa peningkatan kualitas pemuda sesungguhnya merupakan jawaban terhadap aneka persoalan yang menerpa dunia kepemudaan yang akan mempengaruhi kehidupan bangsa dan negara dimasa depan.

Maka dari itu, Wahyuddin menghimbau kepada semua peserta yang hadir, untuk memiliki kompetensi leadership yang prima. "Dengan berbekal jiwa kepemimpinan dan kopetensi kepemimpinan, kaum muda dapat mengambil langkah-lanhlgkah proaktif dan dinamis dalam memjukan kehidupan bangsa dan negaranya," tuturnya.

Wahyuddin juga berharap, dimasa yang akan datang akan muncul pemimpin yang berwatak paripurna.
"Melalui berbagai bentuk pelatihan kepemimpinan, diharapkan dimasa mendatang muncul persemaian pemimpin yang berwatak paripurna," harapnya.

Karena sosok pemimpin paripurna itulah yang menjadi garansi bahwa pembangunan Nasional yang disetiap level penyelenggaraan Negara akan bermuara pada semata-mata kemakmuran rakyat.

"Saya berharap kepada peserta, ikutilah pelatihan ini dengan sesungguh-sungguhnya untuk dijadikan bekal bagi dari sendiri, dalam rangka membangun bangsa dan negara yang sejahtera, aman dan damai," tutupnya.