Sejarah menunjukan bahwa pemuda memainkan peranan penting dalam puncak sejarah bangsa, mulai dari terciptanya “Maha Karya” Sumpah Pemuda, teks kemerdekaan proklamasi sampai dengan reformasi yang memperbaiki tatanan demokrasi.

Pemuda sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan dan penggerak pembangunan bangsa, saat ini telah dan akan selalu mengawal pembangunan yang dibarengi dengan kesadaran dalam bertindak dalam mengisi makna kemerdekaan sesuai dengan cita-cita luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) atau pun bentuk organisasi yang mencerminkan nama serupa seperti Ikatan Alumni Kapal Pemuda Nusantara dari angkatan 2003 s.d 2017 yang berada seantero nusantara ini adalah sumber potensi besar yang mampu mengerakkan jiwa-jiwa nasionalisme pemuda dalam membangun potensi daerah, baik laut, daratan maupun pesisirnya.

Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (KAKPN) merupakan sebuah wadah bagi para alumni atau purna program Kapal Pemuda Nusantara. Lembaga yang telah di sahkan pada Tahun 2010 ini, dengan nomor akta notaris tersebut, bertujuan untuk menyatukan, menyalurkan, dan mengembangkan potensi-potensi para alumni yang dapat memajukan berbagai sektor kemaritiman serta pengembangan karakter bangsa melalui pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan kebaharian.

Melihat realitas pembangunan bangsa yang belum tergarap dan berdaya saing tinggi saat ini, menuntut peran serta stakeholder pemuda untuk memajukan serta membuka peluang baru dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta membantu pembangunan bangsa secara umum yang akan dilakukan dalam hal membentuk kelembagaan, menguatkan jejaring organisasi dan merintis serta melanjutkan program demi kepentingan nasional secara keseluruhan.

Kapal Pemuda Nusantara adalah salah satu program rutin tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk mengikursertakan para pemuda berlayar ke beberapa pulau di Indonesia.

Pada tahun 2017 ini, jalur pelayarannya adalah sekitar Pulau Sabang dengan tema “Sail Sabang 2017”. Adapun pemuda yang berhak mengikuti program ini adalah perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi bersama Dewan Pengurus Daerah Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (DPD KAKPN JAMBI) menyelenggarakan Seleksi Kapal Pemuda Nusantara 2017 untuk memilih wakil pemuda Provinsi Jambi yang akan diikutsertakan dalam Sail Sabang 2017.

dan pada tanggal 22-23 Mei kemaren telah melaksanakan Seleksi Calon Peserta kapal Pemuda Nusantara Sail Sabang 2017 bertempat di Hotel Mega Indah Telanaipura, dan dengan Jumlah Peserta sebayak 26 Orang, 11 Cowok dan 15 Cewek dan tes yang di laksanakan adalah tes Pengetahuan, Kesenian dan Kepemimpinan ditambah tes fisik berenang dan mengapung.

peserta yang akan dikirim ke Ke Sail Sabang 2017 ada 3 (tiga) Orang dua orang Putra dan Satu Putri, Mereka nantinya akan di latih untuk menguasai seni budaya Provinsi Jambi untuk membawa nama Provinsi Jambi di kanca Nasional.

diacara puncak Sail Sabang 2017 akan dihadiri oleh Presiden RI dan Undangan dari seluruh Kab/Kota yang ada di Indonesia, Gubernur seluruh Provinsi yang ada di Indonesia dan Undangan dari Negara lain. Untuk Pengumuman Hasil Seleksi Sail Sabang akan diumumkan Ahir Mei 2017 diwebsite Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi serta di Media Sosial KAKPN Provinsi Jambi.